Daerah, Ekonomi dan Bisnis, Papua Barat

Fadli Zon: Pembangunan Infrastruktur Jor-joran, Gizi Buruk di Depan Mata

Wakil Ketua DPR Fadli Zon
Wakil Ketua DPR Fadli Zon. (Foto: Muhammad Ridho/detikcom)

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai kejadian luar biasa (KLB) gizi buruk yang menimpa anak-anak dan balita di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, dinilai sebagai kegagalan pemerintah Joko Widodo (Jokowi) dalam menerapkan kebijakan pembangunan di wilayah paling timur RI tersebut.

Menurut Fadli, pemerintah Jokowi terlalu mementingkan pembangunan fisik dan mengabaikan pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Papua.

“Di tengah pembangunan infrastruktur yang jor-joran, tingginya angka gizi buruk ini seharusnya jadi bahan evaluasi serius bagi pemerintah,” kata Fadli dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/1/2018).

Fadli mengatakan, mestinya pemerintah bisa mengantisipasi kasus KLB gizi buruk dan campak yang telah merenggut nyawa puluhan anak di Kabupaten Asmat, mengingat pemerintah sendiri yang menyampaikan gejala KLB ini sebenarnya telah berlangsung sejak September 2017.

“Gizi buruk ini kenyataan di depan mata, sementara kebutuhan infrastruktur itu sifatnya jangka panjang. Pemerintah seharusnya segera ubah haluan prioritas pembangunan,” kata dia.

Fadli menyinggung salah satu program Nawacita yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

[otw_shortcode_button href=”https://jurnalpolitik.id/2018/01/26/fadli-zon-pembangunan-infrastruktur-jor-joran-gizi-buruk-di-depan-mata/” size=”medium” icon_position=”left” shape=”square” target=”_blank”]BACA SELENGKAPNYA[/otw_shortcode_button]