Ekonomi dan Bisnis

Sandiaga Sebut Warga yang Tak Mampu Beli Rumah Dp Rp 0 Dibuatkan Rusunawa

Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno.
Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengakui tidak semua warga Ibu Kota mampu membeli rumah DP Rp 0. Dengan demikian, dia akan membuat opsi membuat Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) sebagai solusi.

Sandiaga mendapat aduan bahwa ada sejumlah warga di Ciracas, Jakarta Timur yang kesulitan untuk memiliki hunian DP Rp 0.

“Tadi beberapa teman-teman di Ciracas mereka katanya enggak bisa masuk skema rumah 0 rupiah karena pendapatan di bawah (ump). Nah di situ mungkin intervensi pemerintah untuk memberikan opsi lain,” kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2018).

Baca Juga:  Disebut Langgar Aturan, Ratna Sarumpaet Kecewa ke Anies dan Sandi

Sandi menjelaskan, opsi bagi mereka yang tidak mampu memiliki rumah DP Rp 0 adalah dengan Rusunawa. Menurut dia, hunian tersebut nantinya memiliki konsep sewa dengan jangka waktu panjang.

“Dulu terpikirkan opsinya dibuatkan rusunawa jadi mereka menyewa di situ, tapi konsepnya menyewanya itu mungkin yang jangka panjang sekali. Sehingga di ujung penyewaan itu mereka mempunyai opsi untuk memiliki dengan skema itu,” tuturnya.

Baca Juga:  Alasan Sandi Rajin ke Luar Negeri: Jakarta Sudah Mulai Dilupakan di Mancanegara

Sandi pun mengatakan, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta sudah mengajukan opsi tersebut. Dinas perumahan saat ini sedang menyusun skema untuk memberikan opsi lain sebagai bentuk upaya mencarikan solusi warga untuk bisa membeli rumah DP Rp 0.

“Teman-teman itu lagi bikin dan Kadis dinas perumahan ngajuin itu,” jelasnya.