DKI Jakarta, Ekonomi dan Bisnis

Dukung Kehadiran Becak di DKI, JJ Rizal: Itu Ikonik

JJ Rizal
JJ Rizal

Wacana menghidupkan kembali operasional becak di Jakarta menuai pro dan kontra. Banyak yang menolak, namun tidak sedikit pula yang mendukungnya.

Sejarawan JJ Rizal misalnya, dirinya menyambut baik wacana yang dicetuskan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan itu. Menurut Rizal, moda transportasi ini memiliki sejarah dalam menghidupkan ibu kota.

“Becak itu ikonik, teknologi khas yang ditemukan oleh Kota Jakarta waktu masih bernama Batavia, jadi ini bisa dirayakan. Sebenarnya sebagai atraksi budaya kota bukan sekadar alat transportasi lingkungan,” kata Rizal kepada detikcom, Rabu (17/1/2018).

Baca: Becak Akan ‘Dihidupkan’ Kembali, Anies Janji Sediakan Rute Khusus

Kebijakan transportasi DKI Jakarta, Rizal melanjutkan, telah membunuh becak sejak puluhan tahun lalu. Dia menganggap becak masih bisa dimanfaatkan sebagai sarana wisata dan transportasi lingkungan. Namun modernisasi mesti diupayakan agar lebih manusiawi, mengikuti perkembangan teknologi sepeda masa kini.

Sebelumnya, Anies menjelaskan bahwa rencananya menghidupkan kembali becak adalah sebagai transportasi di perkampungan, bukan di jalan-jalan raya. Dia memastikan akan membuat aturan agar hadirnya becak tak membuat lalu lintas semakin semrawut.

Baca: Anies: Kami Tidak Pernah Rencanakan Becak Berada di Jalan Raya

Sedangkan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno menyatakan, keberadaan becak juga pernah dipikirkan sebagai penunjang pariwisata di Jakarta.

“Jadi kayak angling, angkutan lingkungan. Nah, untuk memastikan lapangan pekerjaan ada, terus pariwisata kita sambungkan dengan beberapa destinasi wisata kita itu yang jadi pemikiran,” ungkapnya.

Baca juga: JJ Rizal Sebut Ahok Telah ‘Menghancurkan’ Nilai Sejarah Makam Mbah Priok

Loading...