Ekonomi dan Bisnis

Soal Rumah DP Rp 0, Ini Peringatan Bos Ciputra ke Pemprov DKI

Komisaris Utama PT Ciputra Development Tbk, Ir Ciputra.
Komisaris Utama PT Ciputra Development Tbk, Ir Ciputra.

Founder and Chairman Ciputra Group, Ir Ciputra, berharap tidak ada kegaduhan yang timbul dari pelaksanaan program rumah DP Rp 0 yang digagas Gubernur dan Wakil Gubernur Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Sebab, menurutnya, program tersebut belum mendapat izin dari Bank Indonesia (BI).

Diketahui, Ciputra Group adalah salah satu pengembang yang turut serta dalam program Program Rumah DP 0 Rupiah.

“Jadi penting sekali untuk pemerintah DKI, pemerintah pusat, sebab kita tidak mau menimbulkan kontroversial, gaduh. Sebab pembangunan, maaf, pulau di Jakarta gaduhnya luar biasa, itu merugikan kita semua, investasi luar negeri terganggu karena pulau tersebut belum dapat selesai,” kata Ciputra di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2018).

Baca Juga:  Sandiaga Sebut Warga yang Tak Mampu Beli Rumah Dp Rp 0 Dibuatkan Rusunawa

“Kita juga jangan sampai ini juga timbul kegaduhan. Kalau misalnya Bank Indonesia bilang tidak bisa 0 down payment dan kita hidup bergantung pada bank, tanpa down payment ini berat sekali,” imbuhnya.

Baca: [Foto] Ini Bentuk Rumah DP Rp 0 Gagasan Anies-Sandi

Ciputra ingin ada upaya untuk mengatasi persoalan tersebut. Pemprov DKI diminta segera melakukan diskusi dengan para pengembang untuk memastikan program hunian tersebut tidak akan bermasalah di kemudian hari.

“Karena itu kepada Pak Sandi sebagai follow up-nya perlu disusun bersama bagaimana mengatasi pemerintah pusat, Bank Indonesia belum mengizinkan tanpa DP 0 persen,” ujarnya.

Baca Juga:  Ke Maluku, Jokowi Tinjau Proyek PLTU yang Mangkrak Bertahun-tahun

Ciputra menjelaskan, biasanya para pengembang saat membangun hunian dengan modal sendiri bisa menghabiskan waktu 5 sampai 10 tahun.

“Kalau 15 persen tanpa down payment berarti gedung sudah selesai tanpa kita dapat apa-apa, nah ini harus dipertimbangkan betul,” tandasnya.

Baca juga: Sandiaga: DP 0 Rupiah untuk Pendapatan Rp 7 Juta-Rp 10 Juta Per Bulan

Kendati demikian, Ciputra mengapresiasi upaya Pemprov DKI untuk memberi hunian kepada masyarakat kalangan bawah. Sebab, menurutnya hal itu sejalan dengan keinginan para pengembang untuk membangun bangsa.

Baca Juga:  Fadli Zon: Pembangunan Infrastruktur Jor-joran, Gizi Buruk di Depan Mata

“Ini sangat apresiasi, kita mau jadi developer, hati kita betul ingin membangun bangsa ini. Kita punya misi untuk masyarakat jadi makmur. Kami yakin dari pengalaman Pak Sandi sebagai pengusaha, Pak Sandi juga tahu betul untuk jadi developer yang bertanggung jawab,” tuturnya.