DKI Jakarta, Ekonomi dan Bisnis

Harga Beras di DKI Melonjak, Sandiaga Minta Pedagang Tak Menahan Penjualan Beras

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, harga beras di beberapa pasar di Jakarta mulai melonjak. Bahkan, Sandiaga menyebut ada pasar yang mematok harga beras hampir Rp 12.000 per kilogram.

Menurut Sandiaga, kenaikan harga beras di beberapa pasar rata-rata lebih dari 10 persen. Kenaikan harga ini dipicu adanya pedagang yang menahan stok beras untuk dijual karena menunggu masa panen raya.

“Melonjaknya (harga) karena pasar mengantisipasi lemahnya pasokan dan disinyalir ada beberapa aliran distribusi, rantai distribusi yang tersendat,” kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Sandiaga pun memerintahkan para pedagang tidak menahan penjualan beras di pasar. Politikus Partai Gerindra itu meminta agar pedagang tidak mengkhawatirkan stok beras di Jakarta. Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan dan memastikan stok beras aman.

Baca Juga:  Jonan Tandatangani Aturan Wajib BBM Premium di Jawa-Bali

“Sebagai ketua umum APPSI, Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia, saya mengeluarkan maklumat para pedagang diminta tidak menahan produk beras dan langsung menyalurkannya kepada masyarakat karena stoknya cukup,” ujarnya.

“Mohon para pedagang beras bekerja sama dengan pemerintah dan memastikan distribusinya lancar,” imbuhnya.

Sandiaga mengaku akan turun langsung ke beberapa pasar yang menaikkan harga beras untuk menstabilkan kembali harga beras.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, kata Sandiaga, akan berkoordinasi dengan satuan tugas (satgas) pangan untuk memberikan sanksi kepada para pedagang yang tidak memperhatikan perintahnya dengan tetap menahan penjualan beras.

Baca Juga:  Tuding Ada 'Mark Up' Proyek LRT, Prabowo Mengaku Dapat Info dari Anies

“Ini perintah yang harus dilaksanakan, dan kalau tidak, akan diberikan sanksi, dan akan berkoordinasi dengan satgas pangan. Sanksinya kami serahkan kepada satgas karena satgas itu juga ada melibatkan unsur aparat hukum,” ucap Sandiaga.

Kenaikan harga beras, kata Sandiaga, terjadi di pasar-pasar di Jakarta Timur, Pasar Kebayoran Lama, dan beberapa pasar lain di Jakarta Selatan.

Pemerintah pusat dan Pemprov DKI akan memasok beras ke pasar-pasar di Jakarta agar pedagang tidak mengkhawatirkan kelangkaan beras dan tetap menjual stok yang mereka miliki.

Baca Juga:  Beda Pernyataan Anies -Sandiaga Soal Mural Buatan PPSU

“Jaminan dari Menteri Pertanian aman dan kami akan pastikan Food Station betul-betul melakukan intervensi pasar, memastikan peran Food Station untuk menghadirkan pasokan yang cukup di 4-5 hari ke depan karena ini krusial, sangat penting,” ucapnya.