Ekonomi dan Bisnis

Sandiaga Buat Sayembara Masterplan Penataan Tanah Abang

Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno.
Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno membuka sayembara pembuatan masterplan Tanah Abang. Sayembara ini untuk meningkatkan partisipasi publik dalam menata Tanah Abang.

Sayembara tak hanya berlaku untuk arsitek dari dalam negeri. Arsitek Internasional pun diperbolehkan ikut.

“Saya suka tuh pakai sayembara jadi ada partisipasi publik dari arsitek-arsitek terbaik di Jakarta dan Indonesia. Kita buka juga untuk internasional karena visi kita membuat Tanah Abang sebagai pusat perdagangan Asia Tenggara,” kata Sandi di Jakarta Smart City, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Selatan, Jumat, 5 Januari 2017.

Sandi menuturkan, sayembara tersebut harus memikirkan Tanah Abang 30 hingga 50 tahun ke depan. Ia tahu proses sayembara ini bakal membutuhkan waktu lama.

“Selama proses ini berlangsung, kami akan mengkaji kebijakan dan memodifikasi sesuai temuan yang ada di lapangan,” ujar dia.

Baca: Polisi: Silakan Tata PKL Tapi Jangan Labrak Aturan Hukum dengan Ubah Fungsi Jalan Jadi Lapak

Pemprov DKI Jakarta berencana menata kawasan Tanah Abang agar menjadi lebih modern. Mulai dari pembangunan skybridge, skytrain, dan alat pembawa barang layaknya di bandara.

Her Pramtama, Arsitek untuk pembangunan Tanah Abang yang ditunjuk Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan skytrain untuk memudahkan pengunjung berpindah dari blok satu ke blok lainnya. Ia berencana mengubah kawasan Tanah Abang menjadi hub transportasi yang modern.

“Kemudian yang penting juga bagaimana kanalisasi barang. Hari ini pengiriman barang ke blok-blok masih menggunakan manusia, ke depan menggunakan kanalisasi seperti di airport,” Pramtama.

Tak hanya membangun sarana transportasi, kemungkinan Tanah Abang juga akan memiliki gedung baru. Nantinya, gedung itu akan dibangun di depan stasiun Tanah Abang.

Baca juga: Kemacetan di Tanah Abang Menurun, Sandiaga: Bukan Sulap Bukan Sihir

Loading...