Kesehatan

Ini Penyebab Diare yang Harus Anda Diketahui

Diare merupakan penyakit yang sering dialami oleh banyak orang dikarenakan adanya racun atau bakteri dari luar yang masuk ke dalam tubuh. Diare ditandai dengan perut yang panas, frekuensi BAB (Buang Air Besar) yang sering setiap selang beberapa menit, dan  encernya kotoran yang dikeluarkan.

Jika dibiarkan terlalu lama, diare dapat menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu, penderita diare dianjurkan untuk tetap meminum air putih dalam jumlah banyak selama diare berlangsung. Perlu diketahui, penyebab diare bukanlah hanya karena makanan pedas, melainkan juga karena adanya infeksi bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, penyebab diare lainnya adalah sebagai berikut :

  • Terlalu banyak memakan makanan yang mengandung pemanis buatan.
  • Terdapat radang pada usus.
  • Efek samping dari obat-obatan tertentu yang dikonsumsi.
  • Faktor psikologi, terlalu banyak gelisah dan stress.
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol.

Untuk diare yang parah, penderita kemungkinan akan menderita demam yang disertai panas tinggi. Untuk itu, penderita harus selalu beristirahat di rumah dan meminum banyak air putih agar cepat pulih dari diare. Oralit dapat diminum untuk menyembuhkan diare dan mengurangi dehidrasi. Beberapa obat diare yang dijual di apotik terkadang tidak menyembuhkan diare dan malah tidak memberikan efek apa-apa.

Pada dasarnya, diare dapat sembuh dengan sendirinya apabila penderita banyak beristirahat dan minum air yang cukup, serta menghindari makanan-makanan pemicu sakit perut untuk sementara waktu. Namun, apabila diare tidak kunjung sembuh dan malah memperparah kondisi tubuh, sebaiknya pergi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena dikhawatirkan ada penyebab lain dari diare tersebut karena tidak kunjung sembuh.

Selain itu, pencegahan terhadap diare harus dilakukan. Karena tidak hanya berdampak buruk bagi penderita saja, tetapi penyakit tersebut dapat menyebar ke orang-orang di sekitar penderita. Cucilah tangan sebelum makan karena tangan menyimpan banyak sekali kuman-kuman dan bakteri-bakteri berpenyakit, jangan terlalu banyak memakan makanan mentah, jangan meminum air yang tidak dimasak, bersihkan toilet selalu dengan desinfektan setiap selesai BAB, serta selalu mencuci tangan setiap selesai dari toilet. Dengan begitu, anda dan keluarga anda akan terhindar dari penyakit diare. Oleh karena itu, selalu lindungi keluarga kita dari penyakit ini ya. Dengan demikian, keluarga kita bisa menjadi lebih sehat dan ceria. Semoga bermanfaat.