Female

Cara Bersihkan Tempat Cuci Piring Stainless

Memiliki  peralatan dapur serta tempat cuci piring berbahan stainless steel dapat mempercantik tampilan rumah. Selain itu, bahan stainless steel juga sangat awet dan bisa bertahan hingga puluhan tahun. Meski begitu, tempat cuci piring berbahan stainless membutuhkan perawatan pembersihan agar tetap terjaga kebersihannya dan terlihat mengkilat. Ada dua cara pembersihan yang dapat dilakukan untuk tempat cuci piring berbahan stainless, diantaranya adalah :

  • Pembersihan secara ringan

Pembersihan ini dilakukan setiap hari sesudah memasak dan mencuci peralatan dapur agar tidak meninggalkan bekas kotoran setelah mencuci. Caranya adalah cukup menggosokkan wastafel dan sekitarnya menggunakan spons yang sudah diberi cairan pembersih cuci piring. Gosok ke semua area tempat cuci piring berbahan stainless lalu bilas hingga bersih, kemudian keringkan dengan lap dapur.

  • Pembersihan berat dikarenakan kotoran yang menumpuk

Noda-noda bekas soda dapat menempel pada permukaan stainless dan menimbulkan bintik-bintik. Dalam hal ini, dibutuhkan cairan khusus pembersih stainless yang dapat menghilangkan bekas bintik-bintik noda tersebut. Tuangkan beberapa tetes cairan pembersih noda khusus pada permukaan stainless yang terdapat noda, kemudian gosok menggunakan kain kering atau lap dapur. Gosok hingga bekas bintik hilang. Lalu lap dengan kain basah hingga bekas sabun hilang.

Selain melakukan pembersihan secara rutin, anda juga bisa membuat tempat cuci piring anda terlihat lebih mengkilat menggunakan minyak zaitun. Caranya adalah, tuangkan sedikit minyak zaitun pada lap atau kain yang kering, kemudian gosokkan pada permukaan stainless yang sudah dibersihkan. Gosokkan secara menyeluruh dan merata. Kemudian bilas dengan air. Kemudian keringkan kembali dengan lap kering.

Tidak hanya noda-noda bekas makanan atau minuman berkarbonasi saja yang menempel pada stainless, bekas sabun colek atau sabun pembersih lainnya yang tidak terbilas secara bersih dari stainless juga dapat menempel dan mengendap pada stainless sehingga menyebabkan tempat cuci piring berbahan stainless menjadi terlihat kusam dan tidak tampak seperti baru. Untuk itu, setiap sehabis membersihkan dapur, pastikan semuanya terbilas dengan bersih hingga tak ada sisa sabun yang menempel dan keringkan dengan lap hingga benar-benar kering.

Itulah dia beberapa cara untuk membersihkan tempat cuci stainless yang bisa Anda lakukan. Dengan cara yang mudah demikian semoga bisa membantu Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkannya. Karena dengan cara diatas, dapat membantu Anda agar lebih cepat bersih. Semoga bermanfaat.