DKI Jakarta, Ekonomi dan Bisnis

Tidak Lama Anies Pergi, PKL Kembali Gelar Dagangan di Trotoar Tanah Abang

PKL kembali gelar dagangan di trotoar dekat Stasiun Tanah Abang. (Foto: Haris Fadhil/detikcom)

Sempat tak ada pedagang kaki lima (PKL) di kawasan trotoar Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pagi hari menjelang kedatangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kunjungan Anies dalam rangka meninjau lokasi penataan kawasan yang mulai diterapkan Jumat (22/12) ini.

Namun tidak lama usai peninjauan tersebut, trotoar yang sejajar dengan stasiun Tanah Abang sudah kembali diisi para PKL.

Di Jalan Jati Baru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Jumat (22/12/2017) pukul 11.30 WIB, tampak sejumlah PKL kembali menempati trotoar yang sejajar dengan stasiun. Mereka adalah para penjual air mineral, dan kue. Salah satunya Anton, penjual minuman dingin yang mengaku belum didata hingga tak mendapat tenda.

“Nggak dapat nomor, belum sempat didata,” kata Anton.

PKL kembali gelar dagangan di trotoar dekat Stasiun Tanah Abang. (Foto: Haris Fadhil/detikcom)

Ada juga Indra yang berjualan tahu goreng. Selain tak dapat nomor tenda, ia mengaku berjualan di trotoar lebih mudah karena pembeli akan langsung melihatnya saat keluar dari stasiun.

“Lebih enak di sini. Lebih banyak yang beli. Udah sempat daftar, nggak dapat nomor,” ujarnya.

Baca: Omzet Menurun karena PKL Diperbolehkan Berjualan di Trotoar, Pedagang Pasar Tanah Abang Ancam akan Turun Gelar Dagangan di Jalan Juga

Pemandangan ini berbeda dengan pantauan pada pukul 09.30 WIB pagi. Trotoar sempat bersih dari PKL. Anies mengunjungi kawasan sekitar Stasiun Tanah Abang hingga pukul 11.15 WIB.

Trotoar dekat Stasiun Tanah Abang sempat bersih dari PKL pada pukul 09.30 WIB. (Foto: Haris Fadhil/detikcom)

Konsep penataan Kawasan Tanah Abang dengan menutup jalan sejak pukul 08.00 hingga 18.00 WIB ini dilakukan agar PKL tidak berjualan di trotoar. Anies sebelumnya juga mengatakan bahwa masih ada PKL yang belum mendapat tenda.

“Ya memang ada yang belum dapat tenda. Nanti kita akan terus bagikan ke semuanya,” ujar Anies.