DKI Jakarta, Ekonomi dan Bisnis

Sandiaga: Teman-teman Saya yang Pengusaha Besar yang Jago Ngemplang

Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno.
Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menegasan tidak akan memberikan modal usaha dalam program One Kecamatan One Centre Of Entrepreneurship (OK Oce). Pemprov DKI hanya akan mefasilitasi calon wirausaha untuk mencari pendanaan melalui pinjaman dari bank dan industri atau pengusaha besar sebagai pemberi modal.

Terkait kemungkinan adanya kredit macet, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno optimis hal itu kecil kemungkinan terjadi. Sebab yang biasanya terjadi adalah permintaan penangguhan pembayaran, bukan sengaja tidak membayar.

Baca Juga:  Rp100 Ribu Dapat Apa? Sandiaga Bandingkan dengan Era SBY

“Tapi kalau kredit macet pengusaha kecil jarang sekali, rata-rata mereka meminta penundaan pembayaran. Niatnya membayar tapi mereka mengalami kesulitan mungkin ada kebakaran atau anaknya masuk rumah sakit, nggak bisa menyicil itu,” ujarnya usai meresmikan Baziz Corner di Jakarta Utara, Rabu (19/12).

Baca: Sandiaga: Dari Awal Kami Tak Pernah Janji Beri Modal OK OCE

Menurut Sandi, pengusaha kecil lebih tertib dalam melakukan pembayaran. Malah, kata dia, pengusaha besar lah yang sering melakukan pengemplangan.

Baca Juga:  Seluruh Pesawat 737 MAX Dikandangkan, Boeing Terancam Rugi Rp9.000 Triliun

“Para UKM itu tidak banyak yang ngemplang yang ngemplang itu pengusaha-pengusaha besar teman saya. Teman-teman saya itu yang jago ngemplang itu pengusaha-pengusaha besar,” tegasnya.

Untuk itu, Sandiaga mengatakan, pihak perbankan yang saat ini diikutsertakan dalam program OK Oce untuk memberikan pinjaman modal adalah Bank DKI.

“Prioritas Bank DKI (yang bergabung) tapi yang paling penting adalah sasaran kita saat ini untuk membuka peluang usaha, lapangan kerja bukan soal modalnya dari mana,” pungkasnya.

Baca Juga:  Sandiaga Banyak Mengkritik Soal Ekonomi, tapi OK OCE Sendiri Gulung Tikar

Baca juga: Ketua OK OCE Lepas Tangan Terkait Spanduk “Dimodalin Punya Bisnis!”