Nasional

Menag Disoraki dan Diminta Pulang, Bachtiar Nasir Singgung Soal LGBT

Bachtiar Nasir (tengah).(Foto: Yayas/detikcom)

Ketua Umum Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustaz Bachtiar Nasir menanggapi penolakan sebagian peserta Aksi Bela Palestina atas kehadiran Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin ketika hendak berorasi, Minggu (17/12).

Menurut Bachtiar, penolakan tersebut terjadi kemungkinan karena adanya miss komunikasi di masyarakat terkait sikap Menag terhadap sejumlah hal.

Ustaz Bachtiar menyebut contoh, tidak lengkapnya informasi yang diterima masyarakat terkait sikap Lukman terhadap keberadaan LGBT di Indonesia.

“Tentang LGBT kan pernah ada ya. Kemudian tentang pendidikan agama, ada beberapa yang belum terklarifikasi terkait anggaran untuk pendidikan di Kementerian Agama. Jadi informasinya enggak lengkap,” kata dia.

Kendati demikian, penolakan cuma berlangsung sesaat. Bahkan kemudian Menag dapat ikut beraksi bersama tokoh-tokoh lainnya yang hadir di Aksi Bela Palestina yang digelar di Monas, Jakarta Pusat, tersebut.

Alhamdulilah, cuma sedikit ya (yang menolak, red). Kemudian mereka juga nurut ketika dikendalikan (pihak penyelenggara, red),” kata Bachtiar usai aksi.

Menag Lukman Hakim Saifuddin (dua dari kiri) di Aksi Bela Palestina,
Minggu (17/12/2017). (foto: Twitter/@UstdzTengku)

Diketahui, Kehadiran Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di aksi bela Palestina sempat mendapat penolakan dari sebagian massa. Mereka bahkan meminta Lukman untuk meninggalkan lokasi.

“Hadir di antara kita, Menteri Agama,” kata Ketua MUI Ma’ruf Amin di hadapan massa aksi bela Palestina di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017).

Namun, massa justru menyoraki Lukman dan menyuruhnya pulang.

“Suruh pulang saja, huu…” teriak massa.

Mendengar itu, Ma’ruf pun berusaha menenangkan massa dengan mengatakan bahwa seluruh orang yang hadir di acara ini adalah orang-orang yang membela Palestina.

“Kita semua yang hadir di sini untuk membela Palestina,” kata Ma’ruf.

Perlakuan yang sama didapat Lukman saat salah seorang pimpinan ormas berorasi dan mengucap salam kepada menteri di Kabinet Kerja itu.

“Huu… Suruh pulang saja, ngapain di sini,” teriak sebagian massa.

Baca selengkapnya: Menag Hadir di Monas, Peserta Aksi Bela Palestina: Suruh pulang saja, huu…

Loading...