close

Macam-Macam Jenis Lensa Kamera CCTV yang Perlu Anda Tahu

CCTV memiliki kepanjangan kata yaitu Closed Circuit Television, yang berarti penggunaan sinyal yang sifatnya tertutup maupun rahasia. Sinyal kamera CCTV berbeda dengan televisi biasa pada umumnya, di mana sistemnya memanfaatkan broadcast signal.

Secara umum, CCTV memiliki fungsi untuk memperkuat sistem keamanan, baik di rumah, perkantoran maupun berbagai tempat fasilitas umum. Manfaat penggunaannya, yakni bisa dijadikan sebagai barang bukti tindak kejahatan dan memantau aktivitas pegawai di kantor atau pabrik.

Serta mengawasi keamanan di jalan dari kecelakaan maupun perampokan. Sistem CCTV sendiri terdiri atas beberapa perlengkapan yang digunakan, yakni digital video recorder, monitor, serta kamera.

Berbicara mengenai CCTV penggunaannya sangat penting untuk mendapatkan kualitas hasil rekaman yang baik dan jelas. Salah satunya berkat penggunaan lensa yang sesuai kebutuhan.

Inilah Berbagai Jenis Lensa Kamera CCTV

Penggunaan CCTV sangatlah beragam, baik untuk indoor maupun outdoor. Hal ini juga berpengaruh pada jenis lensa yang dipakai. Adapun macam-macam jenis lensa CCTV, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Fixed Lens

Fixed Lens adalah lensa yang ukurannya milimeter tetap. Ukuran ini tidak dapat diubah, kecuali dengan dilakukannya penggantian lensa. Fixed Lens mempunyai dua pengertian, yakni monofocal dan fixed iris.

Monofocal memiliki artian sebagai lensa tetap dalam hal ukuran milimeter. Sementara fixed iris adalah iris CCTV yang sifatnya adalah tetap dan bukannya memanfaatkan auto iris.

2. Varifocal Lens

Lensa varifocal memiliki batas minimum dan maksimum milimeter lensa yang dapat diubah. Misalkan saja pada lensa varifocal 3mm – 8mm. Lensa ini memiliki fokus yang bisa diatur dari 3mm – 8mm sesuai dengan keinginan pengguna.

Apabila gambar yang dihasilkan kurang jelas ataupun terlalu jauh, aturlah dengan lensa yang lebih besar. Sehingga gambar yang dihasilkan juga lebih dekat dan jelas, begitupun sebaliknya.

3. Board Lens

Board Lens adalah jenis fixed lens yang biasanya digunakan untuk CCTV dengan kamera kecil atau dome atau yang disebut board camera.

4. Zoom Lens

Zoom Lens adalah lensa yang biasanya mempunyai batas yang cenderung lebih besar. Dalam penggunaannya, Anda tidak perlu memutar secara manual memakai tangan karena sudah memanfaatkan motor elektrik pada bagian dalamnya.

Zoom Lens juga sering disebut sebagai motorized zoom dikarenakan penggunaan motor tersebut. Range lensa yang digunakan cukup besar, seperti halnya lensa berukuran 6mm – 60mm. Adapun contoh yang sering dipakai adalah kamera dengan zoom 10x, 20x dan seterusnya.

5. Focal Length

Istilah focal length seringkali disebut dengan jarak titik fokus pada kamera yang dipergunakan dalam CCTV. Seperti kita tahu, untuk spesifikasi camera dinyatakan dengan sekian milimeter (mm).

Sedangkan yang dimaksud ialah panjang fokus lensa yang dinyatakan dengan simbol “f”. Jadi, satuan milimeter (mm) yang dipergunakan adalah satuan dari lensa dan bukannya kamera.

Kebanyakan kamera CCTV mempergunakan lensa standar, yakni f=3.6 mm, 3.8 mm ataupun 4.0 mm. Meski ada juga lensa f=6 mm, f=8 mm, f=12 mm dan seterusnya sampai zoom lens (60 mm, 80 mm dan seterusnya).

Bagi Anda yang ingin mencari CCTV, tentu saja penting untuk memperhatikan lensa kamera yang tepat. Dalam hal ini, memilih produk dari Hikvision bisa jadi rekomendasi. Di samping mampu memenuhi kebutuhan sistem keamanan, berbagai teknologi canggih juga telah dihadirkan di sini.

Produk CCTV Hikvision ColorVu untuk Hasil Rekaman Video Berkualitas

Hikvision merupakan penyedia produk CCTV camera sebagai solusi keamanan yang berkualitas. Sudah selama bertahun-tahun Hikvision hadir memenuhi kebutuhan keamanan tersebut. Baik untuk keamanan perusahaan, pabrik, perumahan, berbagai lokasi fasilitas umum, hingga hunian.

Produknya bahkan terus berlanjut dengan hadirnya teknologi terbaru Hikvision ColorVu yang sangat memadai dalam menghasilkan kualitas rekaman. Lalu, apa saja keunggulan dari teknologi CCTV wifi yang satu ini?

1. Hasil Rekaman Video Berwarna

Teknologi Hikvision ColorVu yang digunakan pada kamera mampu menghasilkan rekaman video dengan tampilan yang berwarna. Video memiliki informasi warna sesungguhnya dengan render yang akurat.

Dukungan Algoritma Digital Noise Reduction (DNR) juga dipergunakan pada ISP. Teknologi ini hadir untuk mengurangi noise pada kualitas gambar atau video rekaman. Sehingga kamera mampu memproduksi gambar dengan kualitas tinggi.

Hikvision juga memiliki produk kamera yang mampu menghasilkan rekaman video berwarna 24/7 secara optimal. Bahkan ketika berada di kondisi yang rendah dan bahkan nol-cahaya.

Adapun kemampuan kuat teknologi ColorVu dalam menangkap detail untuk pencahayaan rendah ini diberikan berdasarkan tiga terobosan khusus. Diantaranya adalah perangkat keras mutakhir, pemrosesan gambar canggih, serta kehandalan super tinggi.

2 Detail Lebih Banyak

Perekaman informasi warna dan detail kamera Hikvision jauh lebih kaya. Terlebih bila dibandingkan dengan pencitraan hitam dan putih. Produk juga memiliki pencahayaan tambahan yang hangat.

Hal ini menjamin pencitraan penuh warna pada hasil rekaman video tanpa polusi cahaya. Juga, tanpa perubahan warna yang cenderung kasar pada objek yang sedang terlihat. Luminance kamera dapat disesuaikan untuk skala 0-100.

3. Pengalaman Visual Lebih Baik

Teknologi Hikvision mampu memberikan hasil rekaman dengan kecerahan seimbang pada tampilan video. Gambar dengan kualitas yang lebih baik, didapat dengan penggunaan sensor sensitivitas tinggi.

Selain itu, juga dipergunakannya lensa super aperture F1.0 untuk menangkap 4x cahaya yang lebih baik dibandingkan lensa kamera pada video standar F2.0.

Dengan berbagai keunggulan CCTV wifi ini bisa disimpulkan bahwa teknologi Hikvision ColorVu memang sangat canggih. Kualitas hasil video rekaman juga sangat berkualitas dan memadai.

Sehingga tampilan video tampak jelas, berwarna, serta terhindar dari gambar yang kasar. Jadi bagi Anda yang memerlukan produk kamera CCTV berkualitas, maka Hikvision pilihannya!

Tinggalkan komentar