Urban

(Info Kos) Cara Menjaga Barang Berharga di Kamar Kos

Ngekost saat sekarang ini merupakan kebutuhan wajib terutama bagi mahasiswa perantauan. Namun mengekost akan menimbulkan kisah-kisah sedih yang kerap dialami sebagian besar “anak kos”. Kejadian apakah itu?

Kehilangan barang berharga di dalam kamar kos merupakan kisah klasih yang kerap dan terus terjadi. Pelakunya sangat sulit untuk tertangkap. Lantas apakah anda ingin menjadi korban “pencurian”? Tentu tidak!

Untuk mencegah anda menjadi korban pencurian, beberapa langkah harus anda lakukan, di antaranya adalah:

1. Jangan Menaruh Barang-Barang Berharga Anda Sembarangan

Banyak orang yang menganggap bahwa tempat kost merupakan rumah yang aman. Padahal tentunya banyak penghuni kost yang memiliki sifat berbeda-beda dan keadaan keuangan yang juga berbeda-beda.

Dengan meletakkan barang berharga anda sembarangan, niat mencuri atau membawa kabur barang anda tentu akan lahir. Untuk itu, anda perlu meletakkan barang-barang berharga anda terutama dompet dan handphone di tempat yang aman.

Beberapa tempat yang aman adalah:

– Di dalam kantung celana

– Di dalam laci terkunci di dalam kamar (yang juga terkunci)

– Di dalam koper baju yang terkunci dan tergembok.

2. Jangan Memilih Tempat Kost yang Memang RAWAN

Beberapa tempat kost memang rawan pencurian. Hal ini karena beberapa faktor seperti:- Kultur pergaulan penghuni kost yang memang kurang baik

– Pengamanan tempat kost yang cenderung lemah

– Tidak adanya kamera CCTV

Namun jika anda menemukan bahwa tempat kost yang anda pilih rawan akan kasus pencurian, maka tindakan yang wajib anda lakukan antara lain adalah:

3. Pindah Tempat Kost

b. Mempersiapkan keamanan tambahan bagi barang-barang pribadi anda

c. Tidak sembarangan meletakkan barang-barang berharga

4. Siapkan Cadangan

Bagaimanapun anda harus mempersiapkan segala sesuatu. Oleh sebab itu, anda perlu mempersiapkan jika kemungkinan terburuk (kecurian) benar-benar terjadi. Oleh sebab itu sangat penting untuk:

– Memfoto copy/Scan Digital kartu-kartu identitas anda

– Menyisihkan sebagian uang untuk disimpan sebagai uang cadangan jika sesuatu tidak terduga benar-benar terjadi.

Bagaimanapun juga, kejadian buruk mungkin saja terjadi walaupun anda sudah sekuat tenaga mengantisipasinya. Oleh sebab itu, jangan lupa juga untuk selalu berdoa.