Kesehatan

4 Ciri Penyakit Ginjal yang Harus Diwaspadai

Salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting, adalah ginjal. Hal tersebut tentu harus kita jaga agar bisa selalu sehat. Salah satunya adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Yakni, olahraga, makan teratur, tidak bergadang, dan masih banyak lainnya.

Berbicara mengenai penyakit ginjal, berikut adalah beberapa ciri penyakit ginjal yang harus Anda waspadai:

  1. Gatal di Seluruh Tubuh

Gatal yang terjadi sebagai ciri ciri penyakit ginjal bukanlah gatal biasa. Rasa gatal biasanya muncul akibat gigitan serangga atau alergi. Meskipun sangat tidak nyaman tetapi jika efek toksin dari serangga atau reaksi alerginya sudah hilang maka gatal pun akan hilang. Namun, hal ini tidak terjadi pada orang dengan penyakit ginjal. Gatal yang dirasakannya amat sangat karena fungsi ginjal sebagai penyaring kotoran dalam air terganggu.

Baca Juga:  Dua Dokter dari RS Harapan Bunda Menambah Panjang Daftar Tersangka Kasus Vaksin Palsu

Jadi, yang menyebabkan gatal tidak bisa hilang dan rasanya luar biasa mengganggu adalah kotoran sisa metabolisme yang tidak berhasil disaring oleh ginjal. Seluruh bagian tubuh yang dialiri darah akan terasa gatal, bisa jadi pada bagian tertentu gatal semakin menjadi dan sulit disembuhkan.

  1. Sesak Napas

Cairan sisa metabolisme seharusnya dikeluarkan melalui 2 organ ekskresi, yaitu ginjal dan kulit. Pada saat udara panas, maka kulit akan lebih dominan dalam mengeluarkan hasil metabolisme. Sementara saat udara dingin maka lebih banyak keluar urine dari ginjal sebagai cara tubuh melepaskan sisa metabolisme yang tidak diperlukan. Namun, jika ginjal mengalami ciri – ciri penyakit ginjal berupa masalah cairan tersebut bisa lari ke tempat yang tidak seharusnya.

Baca Juga:  Bikin Terenyuh, Anak Mantan Wakil Bupati Sukabumi Ini Berniat Jual Ginjal Demi Ibu

Jika cairan sisa metabolisme lari ke paru – paru, maka yang terjadi adalah napas terasa sesak karena udara terhalang cairan. Karena massa jenis zat cair lebih besar dibanding udara, maka hal ini akan menyulitkan udara keluar masuk paru – paru. Hasilnya dapat merugikan tubuh dan menyebabkan komplikasi yang sangat besar.

  1. Anemia

Paru – paru yang amat tersiksa dengan adanya cairan asing apalagi mengandung racun sisa metabolisme, akan memiliki kinerja buruk. Hal ini bahkan bisa merusak paru – paru secara keseluruhan, karena organ ini termasuk ringkih dan tidak bersahabat dengan cairan. Paru – paru yang terkena cairan akan membengkak. Hal ini bisa mengakibatkan suplai oksigen dari dan ke dalam aliran darah berkurang drastis. Apa yang akan terjadi kemudian? Anemia merupakan penyakit ringan pertama yang bisa menyerang.

  1. Nafas Tersengal
Baca Juga:  Hendropriyono: Masa Bodoh Soal Akademik, Kita Pengin Sembuh dan Terawan Sembuhkan Kita

Akibat kinerja paru – paru buruk, maka napas yang dihasilkan akan tersengal. Jika terus dibiarkan maka ciri – ciri penyakit ginjal ini akan lebih mengganggu paru – paru.