Kriminal

Ketua Aksi Pembakaran Karangan Bunga Minta Maaf, Mengaku Tidak Sengaja

Buruh membakar karangan bunga untuk Ahok-Djarot. (Foto: istimewa)

Jurnalindonesia.idKarangan bunga yang dikirim oleh simpatisan Ahok-Djarot di Jl Medan Merdeka Selatan dibakar massa. Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM SPSI) sebagai pihak yang melakukan aksi ini kemudian meminta maaf. Mereka mengatakan, aksi ini sebagai bagian dari ‘bersih-bersih’.

“Ketua FSP LEM SPSI-nya sudah minta maaf. Tidak disengaja. Mungkin mereka merasa kenapa nggak tidak diangkatin, menurut mereka. (jadi) dibersihkan,” sebut Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Jupan Royter, Senin (1/5/2017).

“Spontan saja mereka bakar, katanya mereka spontan. Mereka sudah minta maaf tadi,” imbuhnya.

Hal tersebut berkebalikan dari pernyataan Sekjen FSP LEM SPSI, Idrus, yang sebelumnya mengatakan bahwa ia berani bertanggung jawab atas aksi pembakaran tersebut.

Selain itu, kata Idrus, aksi tersebut sebagai bentuk kekesalan para buruh di Jakarta yang upahnya tidak dinaikkan Pemprov DKI. Apalagi, menurutnya, upah di Jakarta lebih rendah dibandingkan dengan daerah lainnya.

“Karena UMP tidak naik-naik sampai sekarang. Kita mau lihat bagaimana sikapnya. Ini simbol sebagai bersih-bersih,” tegas Idrus kepada awak media, di depan Balai KotaJakarta, Senin (1/5).

“Ini kekesalan kami yang selama ini tuntutan kami tak didengarkan, masa kalah dengan Bekasi, Karawang, Cikarang,” imbuh dia.

Baca: Buruh Pembakar Karangan Bunga Ahok Mengaku Sudah Kontrak Politik dengan Anies-Sandi

Buruh membakar karangan bunga untuk Ahok-Djarot.

Buruh membakar karangan bunga untuk Ahok-Djarot. (Foto: istimewa)

Sementara itu personel Satpol PP dibantu aparat kepolisian dan TNI yang berada di kawasan Balai Kota Jupan sudah mencegah aksi pemakaran lebih luas.

Setelah api dipadamkan, petugas Satpol PP dan pasukan oranye kemudian membersihkan sisa karangan bunga terbakar. Karangan bunga Ahok-Djarot memang memenuhi Balai Kota hingga berjejer di Jl Medan Merdeka Selatan yang berjejer di Jl Medan Merdeka Selatan.

Lihat aksi pembakaran tersebut di video berikut:

 

Loading...