Kriminal

CNNIndonesia Klarifikasi Hoax Utang Ahok ke Lucky Florist

Marissa Haque
Marissa Haque

Jurnalindonesia.id – Sempat beredar di media sosial screenshot yang seolah-olah diambil dari halaman berita CNNIndonesia.com, yang menyatakan bahwa Tim Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berutang kepada Lucky Florist atas pesanan ribuan karangan bunga.

CNN Indonesia menegaskan bahwa itu adalah hoax. Pihaknya mengaku tidak pernah menurunkan berita semacam itu.

Di screenshot yang beredar tersebut, tertulis: “Tertipu Hutang Karangan Bunga Untuk Ahok 1.3 Miliar: Pemilik Lucky Florist, Feriyanto (32) Mengaku Kecewa Karangan Bunga Yang Dipesan Tapi Belum Dibayar Lunas, Dia Menegaskan Akan Menempuh Jalur Hukum Tim Ahok Yang Ditagih HUtang Malah Mengancam Keluarganya.”

Screenshot sempat tersebar luas di media sosial. Bahkan politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Marissa Haque, ikut menyebarkannya lewat akun Twitter-nya, @Haquemarissa.

Marissa Haque ikut menyebarkan screenshot berita hoax. (Foto: Twitter/haqueMarissa)

Tercatat, dua kali istri penyanyi Ikang Fawzi membagikan screenshot hoax tersebut.

Marissa Haque ikut menyebarkan screenshot berita hoax. (Foto: Twitter/haqueMarissa)

Baca selengkapnya: Marissa Haque ‘Kemakan’ Hoax Karangan Bunga

Dalam klarifikasinya, Pemimpin Redaksi CNN Indonesia, Yoko Sari menyatakan bahwa berita tersebut Bukan berasal dari CNNINdonesia.com.

“Berita di bawah ini bukan berasal dari CNNIndonesia.com dan tidak pernah tayang di situs CNNIndonesia.com,” ujar Pemimpin Redaksi CNN Indonesia, Yoko Sari, Minggu, 30 April 2017.

Hoax CNN

Klarifikasi CNN Indonesia. (Foto: istimewa)

Lebih lanjut, Yoko mengatakan, pihaknya akan menindak lanjuti pemberitaan bohong ini mengatas namakan medianya.

“Kami tengah berkonsultasi dengan tim legal kami terkait langkah-langkah selanjutnya,” katanya.

Sebelumnya, pihak Lucky Florist sendiri juga sudah membuat klarifikasi berita tersebut.

HOAX.! thx all dukungannya…. berita ada sisi positif ada sisi negatif… thz support nya sampe toko kita jadi viral… sy perjelas semua karangan ini sudah terbayarkan LUNAS… dari pemesannya masing masing dari daerah2 dan bahkan sampai dari luar negeri… semua yg order ke kami per orangan sekali lagi… bahkan sampai orang tua pun dateng ke tempat kami… salam hormat… Indonesia Bersatu… Indonesia Damai,” tulis Lucky Florist dalam akun instagramnya.

Klarifikasi dari Lucky Florist tentang hoax yang diunggah Marissa Haque