Kriminal, Nasional

Marissa Haque ‘Kemakan’ Hoax Karangan Bunga

Marissa Haque
Marissa Haque

“Waddduh, betul kan jk sebuah rekayasa manusia pasti akan terbongkar! U/anak yatim lbh baik drpd buang2 uang spt itu.”

Pernyataan tersebut ditulis oleh aktris cantik yang sekarang menjadi politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Marissa Haque, lewat akun Twitter-nya, @HaqueMarissa.

Dilampirkan pula di cuitan tersebut screenshot (tampilan layar) yang seolah-olah diambil dari pemberitaan di situs CNNIndonesia.com.

Dalam tampilan layar yang mengaku dari portal CNNIndonesia tersebut, tertulis: “Tertipu Hutang Karangan Bunga Untuk Ahok 1.3 Miliar: Pemilik Lucky Florist, Feriyanto (32) Mengaku Kecewa Karangan Bunga Yang Dipesan Tapi Belum Dibayar Lunas, Dia Menegaskan Akan Menempuh Jalur Hukum Tim Ahok Yang Ditagih HUtang Malah Mengancam Keluarganya.”

marissa haque hoax

Foto: Twitter/haqueMarissa

Setelah kami cek langsung ke situs CNNIndonesia.com, kami tidak mendapati berita tersebut. Bahkan setelah kami lakukan pencarian di Google, pun tidak mendapati pernyataan soal Feriyanto, pemilik Lucky Florist yang mengaku kecewa dan akan menempuh jaluh hukum.

Baca Juga:  Dianggap Telah Menghina Agus Salim, PDIP Desak Rocky Gerung Lepas Kewarganegaraan

Jadi kami simpulkan, yang Marissa Haque lampirkan tersebut adalah hoax, atau hasil editan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Dari segi penulisan judul pun sudah tampak kepalsuannya. CNN Indonesia tidak pernah menuliskan judul berita sepanjang itu.

Selain itu dari pihak Lucky Florist sendiri, lewat akun Instagram-nya @lucky_florist, pun sudah mengklarifikasi bahwa pernyataan tersebut adalah hoax.

“HOAX.! thx all dukungannya…. berita ada sisi positif ada sisi negatif… thz support nya sampe toko kita jadi viral… sy perjelas semua karangan ini sudah terbayarkan LUNAS… dari pemesannya masing masing dari daerah2 dan bahkan sampai dari luar negeri… semua yg order ke kami per orangan sekali lagi… bahkan sampai orang tua pun dateng ke tempat kami… salam hormat… Indonesia Bersatu… Indonesia Damai… @Luckyflorist,” tulis admin Lucky Florist lewat akun Instagram @lucky_florist.

Klarifikasi tentang hoax yang diunggah Marissa Haque

Dua Kali

Baca Juga:  Marah-marah Sebut Bandara di Malaysia Ganti 'Indonesia' dengan 'Indochina', Netizen Ini jadi Bahan Ketawaan

Namun nampaknya Marissa Haque percaya betul dengan screenshot tersebut. Di lini massa Twitter-nya, istri dari aktor/penyanyi Ikang Fawzi tersebut malah melampirkan dua kali screenshot tersebut.

Bahkan di cuitan yang kedua Marissa terang-terangan menyebut screenshot berita editan tersebut adalah dari CNN Indonesia.

“Berita CNN INDONESIA COM, sebuah kondisi di penghujung sisa jabatan Pak Ahok & Pak Djarot. Smg Ahokers sgr move on?,” cuit Marissa.

Foto: Twitter/haqueMarissa

Bully-an Netizen

Sontak cuitan Marissa tersebut langsung menjadi bahan tertawaan netizen. Mereka sebagian besar menyayangkan seorang berpendidikan tinggi sekelas Marissa mudah kemakan hoax.

Berikut beberapa tanggapan netizen atas cuitan Marissa tersebut:

“Malu2in tuh gelar Dr sama hijabnya kalau twit brg fitnah,pantesan gagal pilkada tangsel,karakter spt itu,cantikmu jadi nakutin bak syaiton,” tulis akun LesanPuro.

“Gelar Doktornya meragukan, jangan2 gelar MONEY TALK,” tulis akun Hapeproperti.

Baca Juga:  Andi Arief Sebut Akun Catering Milik Anak Presiden Jadi Komando Bully

“Bu saya aja yang baru kelar S1 tau itu cuma editan… ah ibu mah, malu atuh sama gelar :)),” cuit Anggitta Syah Putri,‏ @gittung.

Bahkan akun @uma12ka lebih keras lagi menuliskan tanggapannya. “OTAK BODOH GITU KOK BANGGA NULIS GELAR DOKTOR DI NAMANYA???? TOLONG @PEMBIMBINGUTAMA ,,DIBIMBING LAGI YG BENAR!” tulisnya.

Sementara Praditia Prajadewa J lewat akun‏ @PraditiaJ menuliskan: “Bu itu hoax.. akun instagram lucky florist sudah confirm bahwa itu hoax.. mohon membantu untuk tidak menyebarkan berita hoax.. terimakasih.”

Dan masih ada ratusan lagi komentar serupa.