Kriminal

Polisi Tidak Izinkan Aksi GNPF Besok: “Sudah Cukup, Masyarakat Capek”

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan
Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan

Jurnalindonesia.id – Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan berharap massa Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI tidak lagi menggelar aksi demonstrasi. Ia menyebut, masyarakat sudah capek oleh banyaknya aksi tersebut.

“Aksi apa lagi? Sudah cukuplah, mau aksi apa lagi?” kata Iriawan di acara grand launching Aplikasi Halopolisi di Depok Police Expo2, Margo City, Jl Margonda Raya, Kota Depok, Kamis (27/4/2017).

Selama ini, GNPF MUI kerap melakukan aksi yang tuntutannya tidak jauh dari persoalan hukum yang membelit Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Baca Juga:  MUI: Korupsi Pengadaan Al-Quran Tidak Termasuk Penodaan Agama

Iriawan menilai aksi-aksi tersebut tidak produktif dan justru menguras energi bangsa. Oleh sebab itu, Iriawan mengimbau tidak lagi aksi turun ke jalan. Sebab, menurutnya, Ahok sudah diproses secara hukum.

“Kan sudah juga itu, kan sudah ditangani (diproses secara hukum), itu bukan ranah saya. Namun saya sampaikan, nggak usah lagi, sudah cukup. Masyarakat kita sudah cukup capek melihat aksi tersebut, jadi sudah cukuplah,” ucap Iriawan.

Iriawan pun meminta massa menghormati proses hukum yang sedang berjalan atas Ahok. Iriawan menegaskan tidak akan memberikan izin aksi massa.

Baca Juga:  Polda Metro Perintahkan Buka kembali Jalan Jatibaru Raya

“Yang jelas, kalau mereka turun, kita tidak mengizinkan. Untuk apa lagi, kan Saudara Ahok sudah ditangani secara hukum, kita percayakan kepada pengadilan. Jadi untuk apa lagi?” sambungnya.

Iriawan pun meminta menyudahi semua kegaduhan dan mengajak warga Jakarta bersatu kembali membangun Ibu Kota yang lebih baik.

“Kita sudahi selesai semuanya, mari kita kembali membangun rakyat ini untuk kembali semangat bekerja, sehingga masyarakat tidak ada lagi waswas, kecemasan. Cemas sekali masyarakat ini, jangan dibuat cemas teruslah,” ujarnya.

Baca Juga:  Dua Anggota Dewan Adu Pukul di Kuburan Saat Hadiri Pemakaman Seorang Tokoh Masyarakat

Diketahui, massa GNPF MUI berencana kembali melakukan aksi di depan eks gedung PN Jakarta Pusat di Jl Gajah Mada, Jakarta Pusat, Jumat (28/4). Agendanya adalah long march dari Masjid Istiqlal hingga ke titik lokasi aksi.