Kriminal

Ketua FPI DKI Diperiksa Terkait Mobil Terbakar di Dekat Lokasi Tabligh Akbar

Laskar FPI memadamkan api di mobil yang terbakar tersebut, Sabtu (15/4) malam.

Jurnalindonesia.id – Polisi telah memintai keterangan sejumlah saksi terkait terbakarnya mobil Toyota Avanza di Jl MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur. Termasuk Ketua ormas Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta, Muchsin Alatas.

Peritiwa terbakarnya mobil terjadi di lokasi parkir acara tabligh akbar untuk memperingati Isra Mi’raj. Acara tersebut dihadiri oleh Pimpinan FPI, Rizieq Shihab.

“Sudah ada empat orang saksi dari jamaah tabligh akbar, salah satunya Habib Muchsin,” ujar Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo, Minggu (16/4/2017).

“Habib Muchsin sudah dimintai keterangan verbal di lapangan. Itu juga sudah merupakan langkah kepolisian dalam proses penyelidikan untuk mengumpulkan keterangan saksi-saksi,” tambah Andry.

Sementara tiga orang saksi lainnya yakni jamaah tabligh akbar yang melihat langsung kejadian tersebut.

Peristiwa terbakarnya mobil tersebut terjadi saat berlangsungnya acara tabligh akbar yang dipimpin oleh Rizieq Syihab, Minggu dini hari.

Selain satu unit mobil yang terbakar, polisi juga mengamankan dua unit mobil lainnya yang terparkir di dekat mobil yang terbakar tersebut. Di dalam dua unit mobil tersebut, polisi menemukan masing-masing 2 jerigen berisi bensin.

Selanjutnya Laboratorium forensik menyelidiki penyebab terbakarnya mobil tersebut guna memastikan ada kaitannya dengan temuan jerigen bensin atau tidak. (Baca selengkapnya: Mobil Terbakar di Dekat Lokasi Tabligh Akbar FPI, Polisi Temukan Dua Jerigen Bensin)

Sementara ini, polisi masih melakukan identifikasi pemilik mobil tersebut.

Andry enggan menduga-duga apakah peristiwa berkaitan dengan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017 atau tidak.

“Saya tidak mau berandai-andai, meskipun saya punya hipotesa, tapi hipotesa saya kan’ harus dibuktikan dengan hasil kerja yang benar. Seperti anda punya hipotesa, saya punya hipotesa, tapi harus didukung data yang valid,” ujar dia.