Kriminal

Rachel Maryam Dihujat Gara-gara Mengaitkan Peristiwa Novel Baswedan dengan Sidang Ahok

Jurnalindonesia.id – Peristiwa memilukan yang menimpa Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan justru ditanggapi berbeda oleh anggota DPR RI yang juga mantan aktris, Rachel Maryam.

Secara tidak langsung, ia mengatakan kalau peristiwa penyiraman air keras yang dilakukan seseorang tidak dikenal terhadap Novel adalah pengalihan isu.

Diketahui, Novel Baswedan diteror usai shalat subuh berjamaah di masjid di komplek rumahnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Wajah penyidik senior KPK tersebut disiram air keras oleh oknum yang hingga kini belum diketahui identitasnya itu.

“Ya benar. Disiram (air keras, red) habis salat subuh tadi,” ujar Laode M Syarief, salah satu pimpinan KPK, Selasa (11/4/2017).

Namun Rachel Maryam justru melontarkan pernyataan yang oleh netizen dianggap tidak patut.

Lewat akun Twitternya, @cumarachel, Selasa (11/4/2017), politikus Partai Gerindra itu menuliskan, pemberitaan peristiwa itu membuat kasus Ahok menjadi tenggelam.

“Berita kasus penyiraman air keras ke wajah Novel Baswedan telah membuat berita batalnya pembacaan tuntutan jaksa ke Ahok tenggelam,” tulis Rachel.

Cuitan Rachel Maryam

Cuitan Rachel Maryam yang jadi kontroversi

Setelah mendapat hujatan bertubi-tubi dari netizen, cuitan itu pun ia hapus. Meski demikian, Screen shoot dari cuitan tersebut masih eredar. Salah satunya diposting oleh akun Instagram @noona_bigos, Rabu (12/4/2017).

Dalam keterangan fotonya, @noona_bigos menuliskan: Mbak “Sephia” sedang mabok b*ygon kayaknya, lebih adem kalau twit nya bilang GWS Mr. Novel Baswedan, or kalau mbak “Sephia” yg disiram wajahnya pake Air Keras, trus eonni bilang pengalihan isu, piye rasane mbak?

ps : twit ini udah dihapus si mbak kurang gizi and kurang protein, and ga usah kampanye politik disini, cukup komen soal sesetwit mbak ini aja,” tulis akun @noona_bigos.

Postingan itu pun sontak mendapat kecaman dari netizen. Sebagian besar mereka menilai Rachel tidak memiliki rasa empati dan mementingkan kelompoknya tersendiri.

rytiaosi: Coba adeknya ato suaminta yg kesirem yah..masih bisa bkn status kae gitu ga deseee….

merizhafei: Aduh ni org julidnya minta ampun deh..pernah jd artis skr jd politikus, jd sorotan publik tp ngmng nya ga pake mikir..

anaknyaibuchoir: Lama” ngga waras nih, pak novel penglihatannya sekarang cuma 30% mba. Bayangkan! Mana ada yg mau kek gitu kalo cuma buat pengalihan isu!

ludmila.vn: Ternyata orang DPR emang gak semuanya pinter.. Adaaa aja yang sengklek.

pupuuseptiara: mba nya kurang kelon dan kasih sayang deh kayanya..caper melulu kerjaanya-_-

ikah_nrsm90: Si mba ini kyanya pngen jga nyobain kena air keras…??? Jdi artis tnggelam, jdi politikus pun kelelep… Skrg ngtweet seenak jempolnya…

Baca juga: Rachel Maryam Sebut Video Kampanye Ahok-Djarot Sebagai Video Paling Rasis yang Pernah Dilihatnya

Berkali-kali Diteror

Seperti diketahui, bukan kali ini saja Novel Baswedan mendapat teror.

Tahun lalu, Novel ditabrak mobil saat sedang mengendarai sepeda motor menuju kantornya di Kuningan, Jakarta Selatan.

Novel juga pernah dipidanakan atas meninggalnya tahanan, saat ia masih menjadi penyidik di Bengkulu pada 2004.

Novel selama ini dianggap sebagai penyidik yang tidak pandang bulu dalam menangani kasus. Ia banyak menangani kasus-kasus besar yang ada di KPK. Salah satunya yang terbaru adalah kasus korupsi e-KTP.