Ekonomi dan Bisnis

4 Hal Penting Ketika Anda Hendak Membangun Rumah

Memiliki sebuah hunian, tentu adalah salah satu hal yang biasa diinginkan oleh pasangan muda yang baru saja menikah. Bahkan, orang yang sudah memiliki rumahpun biasanya ingin melakukan berbagai investasi rumah, untuk jangka panjang.

Hal tersebut dikarenakan rumah adalah salah satu investasi jangka panjang yang terus akan mengalami kenaikan. Terlebih di daerah perkotaan besar yang semakin sulit untuk mendapatkan lahan dan memiliki harga yang cukup mengocek tabungan.

Ketika Anda hendak bangun rumah, tentu hal yang mesti Anda perhatikan dahulu tentu adalah tanah yang hendak di bangun oleh Anda. Hal tersebut, agar terhindar dari berbagai sengketa yang sering terjadi di daerah perkotaan. Oleh karena itu, adabaiknya Anda melakukan pembelian tanah melalui notaris.

Setelah tanah yang hendak Anda bangung telah resmi dan sah menjadi miliki Anda. Langkah berikutnya adalah melakukan berbagai hal sebagai berikut:

  1. Rencana Biaya Pembangunan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika ingin membangun sebuah rumah cluster adalah melakukan perencanaan budget yang Anda miliki untuk membuat hunian Anda. Baik mulai dari biaya izin, tukang, bahan, dan juga hingga hal yang tidak terduga. Hal tersebut agar Anda tidak melakukan pembangunan, namun akhirnya berhenti ditengah jalan dan akhirnya terbengkalai. Selain itu, Anda juga bisa memperkirakan berapa dana tambahan yang diperlukan untuk menutupi budget yang tidak Anda miliki sekarang. Misalnya dengan mencari tambahan penghasilan lainnya, atau dengan meminjam.

  1. Mengurus Izin Pembangunan

Setelah pendanaan untuk membangun telah selesai. Hal lainnya yang tak kalah penting adalah mengurus berbagai surat perizinan untuk membangun rumah impian Anda. Hal tersebut agar tidak terjadi berbagai masalah lainnya, ketika Anda sedang membangun rumah impian Anda.

  1. Mencari Jasa Tukang Bangunan

Salah satu hal penting ketika membangun sebuah rumah adalah orang yang akan membangun hunian Anda. Beberapa cara bisa Anda lakukan, baik itu dengan sistem borongan ataupun hitungan hari kerja yang dilakukan oleh tukang bangunan ini. Biasanya, jika Anda menggunakan jasa dengan sistem borongan ini, Anda harus mengocek budget lebih besar dibandingkan harian. Namun, Anda bisa tenang dalam proses pembangunan. Berbeda ketika Anda menggunakan jasa dengan sitem harian. Anda harus melakukan kontrol secara rutin, untuk memastikan pekerjaan bisa diselesaikan lebih cepat.

  1. Merencanakan Design Rumah

Sebelum Anda membangun rumah, tentu Anda harus membuat beberapa design yang ingin Anda buat untuk rumah Anda. Banyak sekali berbagai jasa design rumah yang ditawarkan arsitektur.

 

Loading...