Pendidikan

Andrea Hirata 4 WNI Lainnya Terima Trofi Alumni dari Prancis

Andrea Hirata
Andrea Hirata

Jurnalindonesia.id – Untuk pertama kalinya Pemerintah Prancis menganugerahi trofi alumni kepada 5 warga Indonesia berpretasi, yang pernah belajar di perguruan tinggi di sana. Kelima WNI tersebut adalah Ajeng Kamaratih dari Media, Kadarsah Suryadi untuk kategori pendidikan tinggi dan riset, Andrea Hirata di kategori kebudayaan, Sapta Nirwandar dari bidang perusahaan, dan Gadis Arivia untuk kategori masyarakat sipil.

“Indonesia memiliki ribuan alumni perguruan tinggi di Prancis, dan beberapa dari mereka menduduki posisi penting di berbagai sektor. Trofi ini kami berikan untuk mereka yang berkarir cemerlang dan berkomitmen mengembangkan hubungan antardua negara,” kata Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Jean-Charles Berthonnet dalam pidato sambutannya, Minggu 26 Maret 2017.

Baca Juga:  Kemendikbud Siapkan Aturan Larang Guru Beri PR ke Siswa

Berthonnet menambahkan, 5 warga Indonesia yang menerima penghargaan dari pemerintah Prancis itu turut berperan sebagai duta bangsa, yang mempererat hubungan diplomasi dua negara. “Penerima trofi juga mengemban tanggung jawab sebagai duta Prancis karena mereka menjadi cerminan kualitas perguruan tinggi kami,” kata Dubes Berthonnet.

Dalam acara tersebut, Gadis berharap agar penghargaan dari pemerintah Prancis itu dapat terus mendorong upaya penyetaraan dan pemberdayaan perempuan. Penulis novel Laskar Pelangi Andrea Hirata berharap trofi yang diterima dapat memantik penulis muda Indonesia untuk terus berkarya.

Baca Juga:  Menteri Susi Ikut Ujian Paket C 2016/2017, Ini Kata Ditjen PAUD-DIKMAS

Di kesempatan sama, Berthonnet turut menyampaikan agenda Presiden Prancis Francois Hollande yang tengah memulai lawatannya di Asia Tenggara. “Presiden rencananya akan tiba di Jakarta Rabu (29 Mret 2017) besok. Kunjungan itu merupakan yang pertama sejak 31 tahun lalu dan akan menjadi kesempatan untuk mempergiat hubungan Prancis di Indonesia,” tambahnya.

Acara penganugerahan yang diadakan Kedutaan Besar Prancis dan pusat kebudayaannya, Institut Francais d’Indonesie (IFI) yang dihadiri sejumlah figur, seperti aktris senior Christine Hakim, Poppy Dharsono yang saat ini menjabat sebagai Presiden Alumni Prancis di Indonesia, aktris senior Prancis Catherine Deneuve.

Baca Juga:  Ratusan KIP Dimasukkan Karung dan 'Dibuang' di Tempat Laundry di Surabaya

 

TEMPO