Nasional

Mengharukan, Ini Alasan KH Hasyim Muzadi Minta Dimakamkan di Al-Hikam Depok

Pondok pesantren Al-Hikam Depok. (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)

Mantan Ketum NU KH Hasyim Muzadi meniggal dunia hari ini Kamis (16/3/2017). Sebelumnya, anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) itu sempat mengalami sakit dan dirawat di kediamannya, Pondok Pesantren Al Hikam, Kota Malang.

Ali Wafa, salah satu santri di pondok pesantren yang diasuh Hasyim Muzadi mengatakan, KH Hasyim wafat pada pukul 6.15 WIB.

“Tadi jam 6.15 WIB. Kritisnya tadi malam jam 02.11 WIB. Kebetulan saya tidak tidur,” tuturnya. Rencananya, Hasyim Muzadi akan diterbangkan ke Pondok Pesantren Al Hikam yang ada di Depok, Jawa Barat.

Baca Juga:  Bos Alibaba Jadi Penasihat "E-commerce" Indonesia

Jenazah KH Hasyim Muzadi akan diterbangkan dari Malang, Jawa Timur, siang ini ke Bandara Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat Hercules TNI AU untuk dimakamkan di Ponpes Al-Hikam, Depok, Jawa Barat. KH Hasyim memilih lokasi itu karena ingin dekat dengan para santri.

“Saya ingat, beliau minta karena ingin dekat dengan santri,” kata menantu KH Hasyim, Arif Zamhari, kepada wartawan di Ponpes Al-Hikam, Kukusan, Beji, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/3/2017).

Baca Juga:  Olok-olok Fitsa Hats, Novel: Ini Penghinaan Terhadap Ulama

Baca: Foto Kenangan Jokowi Oleskan Minyak Kayu Putih ke Kaki Hasyim Muzadi

Pondok pesantren Al-Hikam Depok (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)

Pondok pesantren Al-Hikam Depok (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)

“Agar bisa mendengarkan lantunan ayat Alquran dari para santrinya untuk beliau,” sambungnya.

Mantan Ketum NU yang lahir pada 8 Agustus 1944 ini juga sempat menjalani perawatan intensif di RS Lavalette, Malang, Jawa Timur.

Baca Juga:  Ini Aktivitas Mario Teguh Setelah Tidak Lagi Jadi Motivator