Ekonomi dan Bisnis

Raja Salman Sebut Fotografer ‘Saudara Syaitan’, Jokowi Terpingkal, Begini Ceritanya

Jokowi dan Raja Salman

Jurnalindonesia.id – Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud ke Indonesia membuka banyak fakta terkait sosok Raja Arab Saudi ketujuh itu. Selain ramah, rupanya Raja Salman juga suka bercanda.

Dalam pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ataupun dengan tamu lainnya, sesekali anak ke-25 dari Ibn Saud itu melontarkan candaan yang membuat lawan bicaranya terpingkal.

Foto: Biro Pers Setpres

Foto: Biro Pers Setpres

Muchlis Hanafi, penerjemah yang dipercaya pemerintah RI untuk menjembatani perbincangan antara Raja Salman dan Presiden Jokowi memiliki cerita ringan tentang hal tersebut. Salah satunya saat rombongan Raja dan Presiden Jokowi tiba di salah satu lokasi dan melihat puluhan wartawan foto berdesakan untuk mengabadikan kehadirannya. Raja Salman pun spontan berseloroh, “Wah, itu dia saudara-saudara syaitan,” kata Raja Salman seperti diterjemahkan oleh Muchlis, Senin (6/3/2017).

Baca Juga:  Kemesraan Jokowi-Prabowo di Arena Pencak Silat Asian Games 2018, Pelukan hingga Wefie

Menurut Muchlis, Raja Salman selalu melempar senyum dan melambaikan tangannya kepada para fotografer. Candaan soal ‘saudara-saudara syaitan’ itu, kata Muchlis, dilatarbelakangi oleh sikap sebagian ulama konservatif di kalangan umat Islam yang mengharamkan praktek fotografi.

“Agar tidak memicu kesalahpahaman, saya jelaskan seperti itu kepada Presiden Jokowi. Beliau pun tertawa mendengarnya,” tutur Muchlis.

Foto: Biro Pers Setpres

Foto: Biro Pers Setpres

Seorang penerjemah yang baik, lazimnya memang harus dapat menerjemahkan sesuai konteksnya tak sekedar apa yang terucap. Karena itu sebutan kepada orang seperti Muchlis adalah interpreter bukan translater.

“Salah satu seni menjadi penerjemah itu bagaimana kita bisa tertawa serentak, tanpa delay, menunggu terjemahan selesai,” ujarnya.

Foto: Biro Pers Setpres

Foto: Biro Pers Setpres

Raja Salman sendiri sepertinya tergolong yang menganut paham moderat. Buktinya, sang Raja tak cuma membiarkan para fotografer membidiknya dengan kamera tapi juga meladeni para anggota DPR yang ingin ber-selfie bersama. Juga dengan anak dan cucu Presiden Sukarno, Megawati dan Puan Maharani. Bahkan Raja Salman juga ikut tampil dalam video blog yang dibuat Presiden Jokowi saat jamuan makan siang di Istana Bogor, Rabu (1/3/2017).

Baca Juga:  Ma’ruf Amin Tak Permasalahkan Sikap PSI Soal Perda Agama

Beberapa warga Arab yang ditemui di Makkah pun senang melihat raja mereka mendapat sambutan dan perlakuan semacam itu. “Bagus kok ini, nggak apa-apa. Orang Indonesia itu baik, sahabat orang Arab,” ujar Younis Abdulhaq kepada Fitraya Ramadhanny, Minggu lalu.