Kriminal

Dimintai Tanggapan Soal Kasus-kasus yang Membelitnya, Rizieq Bilang Begini

Pimpinan FPI Rizieq Shihab usai bersaksi di sidang Ahok.

Jurnalindonesia.id – Usai memberikan kesaksian sebagai ahli dalam kasus dugaan penistaan agama atas terdakwa Basuki T Purnama (Ahok), Selasa (28/2/2017), pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab ditanya oleh awak media terkait beberapa kasus hukum yang kini membelitnya.

“Itu persoalan lain,” jawab Rizieq singkat.

Diketahui, Rizieq Shihab sedang tersandung sejumlah kasus hukum. Rizieq menjadi tersangka dalam kasus dugaan penodaan terhadap Pancasila. Kasus tersebut ditangani Polda Jawa Barat.

Kasus lainnya adalah dugaan penghinaan dan pelecehan terhadap budaya Sunda karena telah memplesetkan salam Sunda ‘sampurasun‘.

Selain itu, Rizieq juga adalah terlapor dugaan menghina agama Kristen dalam ceramah di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur yang dilaporkan Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia dan Student Peace Institute ke Polda Metro Jaya pada 27 Desember 2016.

Rizieq duduk selama 2,5 jam di persidangan yang digelar di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta itu.

Baca juga: Dianggap Berpotensi Melarikan Diri, Rizieq Shihab Desak Majelis Hakim Segera Penjarakan Ahok

Sementara tim penasehat hukum Ahok tidak mau mengajukan pertanyaan sebab menolak Rizieq sebagai ahli.

Tim kuasa hukum Basuki, Humphrey Djemat membeberkan berbagai fakta-fakta sehingga mereka memutuskan untu menolak Rizieq sebagai saksi ahli.

Pertama, selama persidangan Rizieq Shihab dalam persidangan mengemukakan fakta-fakta sehingga tidak cocok menjadi saksi ahli.

“Boleh dibilang sebagian besar itu fakta. Jadi bagaimana ini katanya ahli tapi kok fakta yang dia kemukakan,” kata Humphrey.

Humphrey mencontohkan fakta yang dikemukakan Rizieq yakni mengenai rekaman video wawancara Ahok dengan stasiun televisi Aljazeera.

Rizieq membawa rekaman tersebut dan hendak menyerahkannnya kepada majelis hakim.

Kedua, Rizieq juga dinilai tidak cocok jadi saksi ahli karena memiliki kepentingan dari persidangan.

Itu bisa terlihat dari permintaann Rizieq Shihab dalam persidangan agar Basuki segera ditahan karena Basuki dinilai tidak menyesali perbuatannya.

“Gimana ini ahli kok tapi punya kepentingan. Jadi semakin banyak bicara semakin menunjukkan kapasitasnya bukan ahli agama di sini, jadi tumpang tindih semuanya ini lah kita sudah ambil garis untuk menolak beliau,” kata dia.

Humphrey menambahkan timnya menolak Rizieq karena terkait akhlak.

Kata Humphrey, Rizieq memiliki catatan kriminal dan sudah dua kali menjalani putusan pengadilan untuk dipenjara terkait kekerasan.

Selain itu, Rizieq juga kini tersandung sejumlah kasus hukum di kepolisian yakni dugaan penghinaan Pancasila, penghinaan agama, dan kasus pornografi terkait pembicaraannya dengan Firza Husein yang banyak tersebar di dunia maya.

 

Loading...