Kesehatan

7 Tips Sehat dengan Tetap Berhemat

Di era yang serba cepat ini, menjaga kesehatan bukan hanya harus diperjuangkan tetapi juga menjadi tuntutan agar tidak tergerus zaman.

Contohnya saja, jika seseorang sakit dalam jangka waktu yang lama atau mengalami kekurangan karena itu, pihak perusahaan saat ini umumnya akan melakukan PHK.

Oleh karena itu, untuk Anda yang memiliki budget terbatas tetapi harus menjaga kesehatan, berikut 7 cara menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang sangat hemat dan sederhana:

  1. Mengonsumsi Air Putih Secara Rutin

Air putih merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Setiap orang membutuhkan setidaknya 2,5 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya. Jika konsumsi air putih kurang, akan banyak masalah kesehatan yang timbul mulai dehidrasi, batuk, hingga gagal ginjal. Jika Anda bekerja 8 jam sehari, ada baiknya membawa bekal minum 1,5 liter supaya tidak sampai terjadi masalah.

  1. Makan Ikan
Baca Juga:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel

Ikan yang paling baik adalah ikan laut. Jika domisili Anda jauh dari laut, maka segala jenis olahannya juga bisa diperoleh dengan mudah. Sebaiknya, ikan tidak diproses dengan menggoreng, melainkan dijadikan sup bersama dengan sayuran atau kaldu ikan. Hal ini akan mengurangi kemungkinan meningkatnya kolesterol dalam tubuh.

  1. Konsumsi Sayur

Sayur dapat diolah secara mentah maupun setengah matang. Ada baiknya Anda mengolah sayur secara mentah seperti menjadikannya makanan salad, pecel, gado – gado atau rujak. Sayuran dapat juga diolah dengan hamburger atau kebab.

  1. Jus Buah
Baca Juga:  Gejala dan Penyebab Terjadinya Bronkitis

Jus buah yang baik adalah jus buah tanpa gula. Anda bisa membuatnya di pagi hari dan membawanya sebagai bekal makan siang. Pasti stamina Anda akan semakin meningkat dan daya kerja pun bisa bertambah. Jus buah juga bisa dicampur dengan aneka sayur yang memungkinkan.

  1. Lari Pagi

Lari pagi atau jogging adalah rutinitas yang jika dilakukan bisa memicu kerja jantung secara optimal. Jika dilakukan secara kontinu antara 10 – 15 menit setiap pagi, metabolisme tubuh akan lebih baik dan imunitas juga bertambah.

  1. Bangun Pagi
Baca Juga:  Jahe Merah, Rempah yang Kaya Akan Khasiat

Udara pagi mampu memberikan kesegaran dan memberi rasa nyaman bagi Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu bangun pagi dan memulai aktifitas dengan lebih bersemangat.

  1. Hindari Begadang

Begadang menimbulkan Anda merasa kelelahan sehingga pagi harinya tubuh akan merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, hindari begadang agar badan tetap sehat dan kantung mata tidak tercipta. Jangan biarkan tubuh menjadi korban saat Anda harus memaksakan diri begadang.