Kriminal

MUI Pun Jadi Korban Hoax

Jurnalindonesia.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) baru-baru ini menjadi korban dari berita bohong (hoax).

Dalam sebuah blog bernama Tribunnewss.wordpress, terdapat berita ngawur yang menyatakan bahwa MUI akan menerbitkan fatwa haram tentang angpao Imlek. Berita tersebut berjudul “MUI Akan Bahas Fatwa Haram Mengenai Angpao Imlek, Masyarakat Berang”, lengkap beserta pernyataan dari Ketua MUI, Ma’ruf Amin.

hoax tribunnews

Screenshot halaman situs yang menyebarkan hoax tentang MUI

Majelis Ulama Indonesia (MUI) kemudian mengklarifikasi bahwa kabar tersebut bohong belaka. Wakil Ketua MUI, Zainut Tauhid Sa’adi, menyebut Ma’ruf Amin tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu.

Baca Juga:  Mabuk, Beli Rokok Lama Dilayani, Anggota Brimob Ini Lepas 2 Tembakan

“Berita tersebut adalah tidak benar, bohong dan mengandung unsur fitnah, kebencian serta adu domba antar umat beragama,” ujar Zainut Tauhid Sa’adi dalam siaran persnya, Rabu (25/1/2017).

Berita tersebut berpotensi menimbulkan kegaduhan, kesalah pahaman dan dapat memicu konflik antar-elemen masyarakat yang dapat mengganggu harmoni kehidupan umat beragama di Indonesia.

“MUI meminta kepada aparat kepolisian untuk segera mengusut tuntas berita bohong tersebut, dan menuntut secara hukum pelakunya, tanpa menunggu adanya pengaduan karena hal ini adalah delik pidana umum,” kata Zainut.

Baca Juga:  Penyanderaan Staf KLHK oleh Pembakar Hutan: Mereka Diancam Dibakar dan Dilempar ke Sungai

“Meminta kepada Kementerian Informasi dan Komunikasi untuk secepatnya menutup situs yang mengunduh berita tersebut agar beritanya tidak menyebar,” ujarnya.

Wakil Ketua MUI menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak terpengaruh dan tidak ikut menyebarkan berita bohong, demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif di tengah kehidupan masyarakat.

Sementara dari pihak Tribunnews.com, portal berita yang namanya dicatut sebagai nama blog untuk menyebar hoax, mengklarifikasi bahwa blog Tribunnewss.wordpress bukan bagian dari Grup Tribunnews.com di bawah bendera KKG. Sehingga isi berita tersebut bukan tanggungjawab redaksi Tribunnews.com.

Baca Juga:  Giliran Rocky Gerung Dipanggil Polda Metro Jaya