Nasional

Diberondong Kecaman, Fahri Hamzah Hapus Cuitannya soal TKI

Jurnalindonesia.id – “Anak bangsa mengemis menjadi babu di negeri orang dan pekerja asing merajalela.”

Itulah yang ditulis Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah lewat akun media sosial Twitter-nya, @Fahrihamzah.

Sontak, cuitan tersebut menuai kritikan dari segala penjuru karena dinilai merendahkan martabat tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

Baca juga: Bantahan Pernyataan Fahri Hamzah Soal 30% TKI di Taiwan Idap HIV

Sejumlah aktivis TKI dan TKI pun dibuat geram oleh cuitannya itu.

Facebook.com/yully.agyl.7

Facebook.com/yully.agyl.7

Lantaran menuai kontroversi, cuitan tersebut akhirnya dihapus oleh Fahri. Dan saat ditanya soal cuitan tersebut Fahri Hamzah sama sekali tidak menjawab malah justru mengalihkan pembicaraan.

“Saya lagi investigasi Il kapal ikan Taiwan yang memperbudak pelautnya,” tulis Fahri ketika dicecar perihal cuitannya tentang TKI itu.

fahri

Tanggapan netizen yang marah diataranya adalah yang disampaikan oleh @shandraVoH ‘jawab dulu twitter saya Pak! Biar Pak @jokowi tahu kelakuan Bapak yang menghina Anak bangsa bukan urus kapal ikan’.

Begitu juga yang dikatakan oleh Asmawie, ‘terimakasih anda telah menghina TKI sprti saya yg bilang mengemis kerjaan ke luar negri. anda malu karena saya yg mngaji anda.’

fahri

Anis Hidayah, Direktur Eksekutif Lembaga Swadaya Masyarakat Migrant Care bahkan langsung menyindir ucapan Fahri tersebut.

anis hidayah

Alhasil, berondongan kecaman pun mengalir deras ke linimassa Fahri Hamzah. Frasa Fahri Hamzah pun menjadi Trending Topic

Aktivis anti kekerasan perempuan asal Indonesia yang kini menjabat sebagai Anggota Dewan Penasihat Pemberdayaan Korban Penyintas Perdagangan Manusia Gedung Putih, Amerika Serikat, Shandra Waworuntu, ikut mengecam cuitan Fahri.

Lewat jejaring sosial twitter, aktivis anti perdagangan manusia ini menuliskan: “saya anak bangsa ke luar negeri untuk bekerja, bukan mengemis menjadi babu, Tolong diralat! Anda menghina anak bangsa”.

shandra

shandra

Sementara itu, Fahri Hamzah dalam linimassanya tetap berkilah, bahwa apa yang disampaikannya itu sebagai perumpamaan saja. Ia berdalih, bahwa pernyataannya itu untuk mengingatkan publik, bahwa ada masalah lain yang kini mendesak.

Tak dirinci apa masalah itu. Namun berikut sejumlah cuitan Fahri Hamzah yang merespons kritik keras dari sejumlah kalangan terkait statusnya soal TKI.

fahri

fahri

fahri

fahri

fahri