Kriminal

Video Massa Kejar Anggota FPI dan Pukuli Kaca Mobil Usai Pemeriksaan Habib Rizieq

Mobil FPI hancur oleh massa. (Foto: merdeka.com/dian rosadi)

Jurnalindonesia.id – Pemeriksaan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq yang digelar penyidik Polda Jawa Barat di Mapolda Jabar, Bandung, Kamis (12/1) diwarnai kericuhan.

Kericuhan terjadi sesaat setelah Rizieq selesai menjalani pemeriksaan dan keluar dari Mapolda Jawa Barat, sekitar pukul 16.30 WIB.

Suasana yang awalnya berjalan kondusif selepas Habib Rizieq meninggalkan Mapolda Jabar, berubah rusuh. Saling lempar batu antara dua kubu massa pun tak terelakan.

Pengendara kendaraan dari arah barat Jalan Soekarno Hatta depan Mapolda, berhamburan karena massa aksi FPI bentrok dengan salah satu anggota ormas GMBI.

Akibat dari kericuhan tersebut satu mobil toyota Kijang Inova nopol F 1441 GQ milik pendukung FPI menjadi korban. Kaca belakang dan samping kiri pecah. Tak hanya itu satu orang penumpang kendaraan pun mengalami luka-luka karena dilempar menggunakan batu.

“Dilempar pakai batu, dipukul pakai balok,” ucap Mulyawan, salah seorang korban, Kamis (12/1).

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab saat tiba di Markas Polda Jawa Barat sekitar pukul 09.25 WIB menggunakan mobil Mitsubshi Pajero Sport warna putih bernomor Polisi B 1 FPI.

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab saat tiba di Markas Polda Jawa Barat sekitar pukul 09.25 WIB menggunakan mobil Mitsubshi Pajero Sport warna putih bernomor Polisi B 1 FPI.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, bentrok tersebut tak terelakkan karena dipicu adanya pemukulan dari salah satu ormas yang hendak mengambil kendaraan. Pemukulan tersebut langsung dilaporkan ke Polda Jawa Barat agar segera ditindaklanjuti.

“Tadi ada pelapor dari masyarakat Sunda dicegat kemudian dipukul saat ambil motor, itu yang dilaporkan,” kata Yusri di Mapolda Jawa Barat jalan Soekarno Hatta Kota Bandung.

Akibat kerusuhan itu, tak sedikit masyarakat yang ketakutan, saat pengamanan berlangsung, terlihat seorang penumpang bermotor, ibu-ibu hamil tua yang tengah mengendong anak balita sambil menangis turun menyeberang ke kawasan Mapolda demi menghindari area bentrok.

Ibu tersebut langsung diarahkan ke titik aman dengan tangan gemetar syok disertakan raut muka tegang. Saat pengamanan, balok kayu bercabang paku, dan bongkahan papan pun diamankan aparat.

Situasi di lokasi setelah maghrib mulai kondusif, massa kontra Habib Rizieq mulai perlahan meninggalkan lokasi. Sedangkan massa FPI sudah lebih dulu pulang sejak pukul 17.00 WIB.

Yusri menyatakan, petugas di lapangan berpatroli ke berbagai titik dari kawasan Mapolda Jabar untuk meminimalisir potensi ricuh, meski kedua massa aksi sudah pulang ke daerah masing-masing.

“Kami masih patroli, mencegah apakah ada sisa (masa aksi),” tegasnya.

Lihat videonya berikut:

(rmo/ca/pojokbandung/jpnn)

Loading...