Nasional

Sari Roti Tidak Mau Dikaitkan dengan Aksi 212, Politikus PKS Ini Kecewa Berat

Jurnalindonesia.id – Beberapa hari terakhir beredar foto adanya pembagian roti gratis dari produk Sari Roti kepada para peserta Aksi Bela Islam III pada 2 Desember yang lalu di Monas, Jakarta Pusat..

Dalam foto tersbeut tampak gerobak Sari Roti yang ditempeli tulisan ‘Gratis untuk Mujahid’ (mujahid berarti seorang yang berjihad — status para pelaku aksi bela Islam).

Foto tersebut kemudian menjadi viral. Banyak yang berpikir para penjual Sari Roti keliling benar-benar ingin terlibat dalam aksi massa tersebut. Bukan cuma itu, malah banyak yang mengira produsen Sari Roti sengaja memberikannya gratis sebagai bentuk dukungan.

sari-roti

Ustadz kondang Abdullah Gymnastiar, atau yang akrab disapa Aa Gym pun bahkan ikut mengunggah dan mengomentari foto tersebut lewat akun Twitternya, @aagym.

aa gym sari roti

twitter.com/aagym

Sebagaimana diketahui, Aa Gym juga ikut dalam aksi 411 dan 212.

Bukan hanya Twitter, ia pun mengunggah foto tersebut di akun media sosial Path.

aa gym sari roti

twitter.com/aagym

Menanggapi kehebohan foto tersebut, akhirnya pihak Sari Roti angkat bicara.

Bantahan Sari Roti

Lewat website resmi, Sariroti.com, pada Selasa (6/12/2016), Produsen Sari Roti, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk, membantah terlibat dalam aksi bagi-bagi roti saat aksi 2 Desember itu.

Menurut pihak perusahaan, bagi-bagi roti Sari Roti gratis saat itu merupakan aksi dari konsumen, bukan dari mereka sebagai produsen.

sari-roti

“Dengan tidak mengurangi apresiasi kami atas Aksi Super Damai kemarin, dengan ini kami sampaikan bahwa PT Nippon Indosari Corpindo Tbk tidak terlibat dalam semua kegiatan politik. Kemunculan informasi mengenai pembagian produk Sari Roti secara gratis oleh penjual roti keliling (hawker tricycle), merupakan kejadian yang berada diluar kebijakan dan tanpa seizin PT Nippon Indosari Corpindo Tbk,” tulis mereka dalam keterangannya.

Berikut keterangan resminya:

PENGUMUMAN

Sehubungan dengan beredarnya informasi mengenai adanya pembagian produk Sari Roti secara gratis oleh penjual roti keliling (hawker tricycle) pada Aksi Super Damai 212, dengan ini kami sampaikan bahwa:

PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. selaku produsen produk Sari Roti memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas terlaksananya Aksi Super Damai 212 yang berjalan dengan lancar dan tertib pada tanggal 2 Desember 2016.

PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. senantiasa berkomitmen menjaga Nasionalisme, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika dengan senantiasa berusaha untuk menjadi perusahaan kebanggaan Indonesia.

Dengan tidak mengurangi apresiasi kami atas Aksi Super Damai kemarin, dengan ini kami sampaikan bahwa PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. tidak terlibat dalam semua kegiatan politik. Kemunculan informasi mengenai pembagian produk Sari Roti secara gratis oleh penjual roti keliling (hawker tricycle), merupakan kejadian yang berada diluar kebijakan dan tanpa seizin PT Nippon Indosari Corpindo Tbk.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, dengan ini PT Nippon Indosari Corpindo Tbk menyampaikan bahwa:

Produk Sari Roti tersebut adalah produk yang dibeli oleh salah seorang konsumen melalui salah satu agen yang berlokasi di Jakarta.

Pihak pembeli meminta agar produk tersebut dapat diantarkan ke area pintu masuk Monas dan dipasangkan tulisan “gratis” tanpa pengetahuan dan perizinan dari pihak PT Nippon Indosari Corpindo Tbk.

Demikian informasi ini kami sampaikan agar tidak terjadi kesalahpahaman di berbagai pihak. PT Nippon Indosari Corpindo Tbk berkomitmen untuk selalu menjaga Nasionalisme, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika, serta tidak terlibat dalam semua aktivitas kegiatan politik.

Kekecewaan partisipan

Setelah produsen Sari Roti merilis pernyataan tersebut, beberapa pihak merasa kecewa. Salah satunya adalah Mustofa Nahra. Politikus PKS tersebut menilai pernyataan produsen Sari Roti menyakiti sebagian peserta Aksi 212 karena mengandung unsur SARA.

Tidak dijelaskan lebih lanjut di mana unsur SARA yang dia maksudkan.

Selain itu ia pun melampiaskan kekecewaannya lewat twit berikut:

mustofa-nara-sari-roti2

Cuitan-cuitan tersebut kemudian diamini oleh para pengikut (follower)-nya yang jumlahnya ribuan.

 

Loading...