Nasional

Memprihatinkan, Begini Kondisi Terakhir Sutan Bhatoegana: Bak Tulang Terbungkus Kulit

Fadli Zon saat menjenguk Sutan Bhatoegana
Fadli Zon saat menjenguk Sutan Bhatoegana (Foto: Dokumentasi Fadli Zon)

Jurnalindonesia.id – Tidak tampak lagi wajah bulat yang galak dan dengan nada bicara menggertak dari Sutan Bhatoegana (59). Tubuh politikus Partai Demokrat itu kini bagai tulang terbungkus kulit. Sinar di wajahnya lebih redup. Selang infus menghiasi tubuhnya.

Itu gambaran singkat dari foto-foto yang diunggah Direktur Eksekutif PT Duta Politika Indonesia Dedy Alamsyah Mannaroi di media sosial.

Ia sempat menjenguk Sutan belum lama ini di Bogor Medical Center, Minggu (13/11).

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Max Sopacua yang berpose salam persahabatan dengan Sutan di salah satu foto yang diunggah Dedy pun mempersilakan masyarakat menilai sendiri kondisi terkini Sutan, mantan Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat itu. Ketika menjenguknya pun, Max berusaha tidak memaksa Sutan bicara terlalu banyak.

“Dia ngomong saja susah. Jadi kita berbicara untuk membangkitkan semangat saja. Enggak ada pembicaraan yang lain,” aku dia, Senin (14/11).

Kondisi terkini Sutan Bhatoegana

Kondisi terkini Sutan Bhatoegana

Dari informasi yang didapatnya dari dokter di rumah sakit tersebut, Max mengungkapkan bahwa penyakit yang diderita Sutan ialah kanker hati. Sudah sekitar dua pekan Ketua Komisi VII DPR periode 2009-2014 itu dirawat di pusat kesehatan tersebut.

Baca Juga:  Dimas Kanjeng Pamer Kesaktian di Depan Wartawan: Keluarkan Segepok Mata Uang Asing dari Balik Punggung

Selama dirawat, Sutan, politikus yang tenar dengan ucapan ‘ngeri-ngeri sedap’ serta ‘masuk barang itu’ dijenguk sejumlah pejabat dan kader Demokrat.

Mereka, misalnya, Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, Max, hingga Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

“Kita hanya mendoakan (agar) Tuhan memberikan mukjizat dan kemudahan,” imbuh Max.

Soal bantuan kepada Sutan dari Demokrat, Max mengaku tak bisa memastikannya karena hal itu kewenangan DPP Partai Demokrat.

Sutan Bhatoegana

Max Sopacua (kiri) dan Sutan Bhatoegana (kanan).

Hal senada terkait kondisi Sutan diungkapkan Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang menjenguk di Rumah Sakit Bogor Medical Center, Jawa Barat. Menurut Fadli, kondisi Sutan sangat lemah.

Baca Juga:  Hadir di Sidang Jessica, Roy Suryo Bikin Gaduh

“Bang Sutan sangat kurus sekali. Kondisinya sudah sangat lemah,” kata Fadli saat berbincang, Rabu (16/11/2016).

Fadli Zon saat menjenguk Sutan Bhatoegana

Fadli Zon saat menjenguk Sutan Bhatoegana (Foto: Dokumentasi Fadli Zon)

Sutan antusias dikunjungi oleh Fadli dan memberinya buku bertandatangan. Mantan anggota DPR yang terkenal dengan ucapan ‘ngeri-ngeri sedap’ itu sebenarnya sudah kesulitan bicara.

“Bicaranya agak terbata-bata, tapi dia masih semangat. Saya bilang, istirahat saja,” ucap politikus Partai Gerindra ini.

buku Sutan Bhatoegana

Sutan Bhatoegana beri buku ke Fadli Zon (Foto: Dokumentasi Fadli Zon)

Sutan awalnya dirawat di RS Hermina Bandung lalu dirujuk ke RS Medistra dan selanjutnya ke Rumah Sakit Bogor Medical Center. Kasubag Humas Ditjen Lapas Kemenkum HAM Akbar Hadi Prabowo menyebut Sutan menderita sirosis hepatitis.

Baca Juga:  Harapan Terakhir Sutan Sebelum Meninggal: Mudah-mudahan Pak SBY Jenguk Saya

“Kalau dokter di lapas diagnosa sementara sirosis hepatis,” kata Akbar Hadi ketika dihubungi detikcom, Senin (14/11/2016).

Sutan dihukum 12 tahun penjara karena terlibat kasus suap di SKK Migas. Awalnya mantan Ketua Komisi VII DPR itu dihukum 10 tahun penjara, namun oleh MA diperberat menjadi 12 tahun penjara.

Kasubag Humas Direktorat Jenderal Lembaga Pemasyarakatan Kemenkum dan HAM Akbar Hadi mengakui adanya peluang bagi Sutan untuk mendapatkan pemotongan masa tahanan dengan alasan kesehatan. Namun, itu hanya diberikan tiap peringatan Hari Kesehatan Dunia (7 April).