Politik

Antasari Azhar Bebas 10 November Jam 10.10 WIB

Antasari Azhar
Antasari Azhar

Jurnalindonesia.id – Mantan Ketua KPK Antasari Azhar dipastikan bebas pada 10 November nanti. Sejumlah acara akan dilakukan dalam rangka menyambut kembalinya Antasari ke masyarakat.

“Bebas pada 10 November 2016 pukul 10.10 WIB,” kata pengacara Antasari, Boyamin Saiman saat dihubungi detikcom, Minggu (6/11/2016).

Atas bebasnya Antasari, sejumlah acara akan dilakukan di dalam LP Tangerang. Yaitu malam syukuran dengan menyembelih kambing pada Senin (7/11) malam, pengajian di dalam LP pada Selasa (8/11) dilanjutkan dengan pentas seni dari para narapidana.

Baca Juga:  Demokrat Tidak Terima Status OTT atas Kadernya

“Pada 9 November kami ke Kakanwilkum HAM Banten di Serang untuk melaporkan dan membereskan administrasi keluar Lapas,” ucap Boyamin.

Keesokan harinya atau tepat 10 November 2016 pukul 10.10 WIB, Antasari secara resmi keluar penjara dengan status orang bebas.

“Keluar LP langsung disambut rebana dan anak yatim,” ujar Boyamin.

Antasari dihukum 18 tahun penjara terkait kematian Nasrudin Zulkarnaen. Kematian ini menimbulkan tanda tanya, benarkan Antasari sebagai otak pelaku pembunuhan itu. Hakim agung Prof Dr Surya Jaya menjadi satu-satunya hakim yang tak yakin Antasari menjadi otak pelaku perbuatan itu.

Baca Juga:  Demokrat Curiga Ada Permainan Politik di Balik Penangkapan Putu

“Keterangan Sigit yaitu ‘Terdakwa bilang harus ada tindakan konkrit untuk menyelesaikan teror, ancaman’, tidak dapat dikatakan suatu bentuk penganjuran. Makna kalimat itu agar supaya dilakukan tindakan nyata untuk memberi rasa aman bagi Antasari terlepas dari teror atau ancaman. Hal ini penting menyangkut niat dan pertanggungjawaban pidana,” ujar hakim agung Prof Dr Surya Jaya dalam putusan kasasi. (Detikcom)