Politik

Para Ulama MUI akan Ikut Demo “Aksi Bela Islam II Penjarakan Ahok”?

Jurnalindonesia.id – Beredar di media sosial dan menjadi perbincangan ramai, seruan untuk turun ke jalan terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Seruan tersebut berupa poster bertajuk ‘Aksi Bela Islam II’ pada Jumat 4 November 2016, dan ada logo Majelis Ulama Indonesia (MUI) terpampang jelas di bagian tengahnya.

Meski demikian, Wasekjen MUI Amirsyah menjelaskan bahwa aksi tersebut bukan atas koordinasi MUI. Meskipun juga dalam ajakan aksi itu ada potret sejumlah tokoh MUI, salah satunya Ketua MUI Ma’ruf Amin.

“Sebenernya MUI kan dalam menyatakan sikapnya sudah jelas. Kalau soal demonstrasi itu kita tidak sepenuhnya mengkoordinir dan tidak melarang. Itu sepenuhnya merupakan hak publik,” kata Amirsyah kepada detikcom, Kamis (27/10/2016).

aksi bela islam II Penjaraan Ahok

Meski membantah mengkoordinasi aksi itu, MUI juga tidak melarang aksi tersebut. Amirsyah mengatakan bahwa demonstrasi merupakan hak warga negara.

“MUI sejauh ini tidak pernah mengerahkan massa termasuk menggunakan lambang-lambang MUI. Tapi MUI juga tidak melarang siapapun karena itu hak warga negara. Jadi tidak pernah ada anjuran dan melarang. Dan demo itu boleh yang penting beretika dan berakhlakul karimah. Yang penting demo itu menjaga nilai-nilai akhlakul karimah,” ucapnya.

“Kalaupun ada ulama MUI berunjuk rasa itu merupakan hak prerogatif pribadi dan tidak boleh ada siapapun yang melarang karena sesuai peraturan perundang-undangan,” kata Amirsyah.