Ekonomi dan Bisnis

Foto Jokowi Payungi Gubernur Papua saat Tinjau Gardu Induk WaenaSentani Jadi Viral

Jokowi payungi gubernur papua
jokowi payungi Gubernur papua, Lukas Enembe. (Foto: merdeka.com/istimewa)

Jurnalindonesia.id – Presiden Joko Widodo memantau langsung Gardu Induk (GI) WaenaSentani 20 MegaVolt Ampere buatan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Meskipun kondisi hujan dan jalanan becek, namun tidak menyurutkan langkah Jokowi untuk melihat langsung GI pertama di Papua tersebut.

Dilaporkan merdeka.com di Sentani Jayapura, Jokowi ditemani Menteri BUMN Rini Soemarno dan Direktur Utama PLN Sofyan Basir. Dalam kesempatan itu, Jokowi memegang payung sendiri, sementara Rini dan Sofyan Basir menggunakan payung bersamaan.

Dalam sebuah kesempatan, Jokowi tampak memayungi Gubernur Papua Lukas Enembe. Foto ini yang ramai beredar di media sosial.

Baca Juga:  Sandiaga: Iklan di Bioskop Bikin Sebel Orang

Jokowi mengatakan, rasio elektrifikasi Papua baru mencapai 47 persen. Angka ini akan terus ditingkatkan hingga di atas 90 persen hingga 2019 nanti.

“Saat ini rasio elektrifikasi Papua 47 persen dan Papua Barat 85 persen. ini terus ditingkatkan,” kata Jokowi.

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir mengatakan, Gardu Induk ini merupakan pertama di Papua dengan kapasitas 10 MVA.

Baca Juga:  Anies Anggap Tak Ada Urgensinya Buka Kembali Jalan Jatibaru

Secara keseluruhan, Jokowi meresmikan 6 infrastruktur kelistrikan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Dua di antaranya pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan yang ramah lingkungan.

jokowi

Jokowi hujan-hujanan pantau gardu induk di Papua. (Foto: Merdeka.com)

Lebih lengkap, keenam infrastruktur kelistrikan yang diresmikan Jokowi adalah, pertama Pembangkit Listrik Tenaga Air Orya Genyem 2×10 MW. Kedua Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro Prafi 2×1,25 MW, dan yang ketiga Saluran Udara Tegangan Tinggi 70 kilo Volt GenyemWaenaJayapura sepanjang 174,6 km sirkuit.

Baca Juga:  Ditangkap 13 Pekerja Ilegal asal Tiongkok di Pembangunan Tol Pemalang-Semarang

Infrastruktur kelistrikan keempat adalah Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kilo Volt Holtekamp-Jayapura sepanjang 43,4 km sirkuit. Kelima Gardu Induk WaenaSentani 20 MegaVolt Ampere. Serta yang terakhir atau yang keenam Gardu Induk Jayapura 20 MegaVolt Ampere.