Nasional

KPI Peringatkan TV One Tidak Siarkan Ulang ILC Episode “Setelah Ahok Minta Maaf”

Jurnalindonesia.id – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tidak pernah mengeluarkan surat larangan bagi lembaga penyiaran untuk menyiarkan liputan demonstrasi yang berlangsung kemarin (14/10/2016) di Jakarta.

Adapun surat yang disampaikan KPI kepada stasiun televisi TV One merupakan peringatan terhadap acara Indonesia Lawyers Club (ILC) dengan judul “Setelah Ahok Minta Maaf” yang tayang pada 11 Oktober 2016 pukul 19.30 WIB.

Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis dalam siaran pers, Sabtu (15/10/2016), mengatakan bahwa surat yang disampaikan KPI tersebut merupakan peringatan agar TV yang bersangkutan berhati-hati dalam membahas isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) yang berpotensi menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat.

Baca Juga:  800 Bus Akan Antar Ribuan Warga Penerima Sertifikat Tanah di Bandara Pondok Cabe

Untuk itu KPI meminta agar TV One tidak menyiarkan ulang (re-run) tayangan tersebut.

Baca: Wasekjen MUI di ILC TV ONE: Kalau dalam Islam Ahok Sudah Dihukum Mati, Minimal Diusir dari Indonesia

Yuliandre menegaskan bahwa KPI tetap obyektif dalam menilai seluruh tayangan yang hadir di televisi dan radio dengan bertindak sesuai pada Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) dan Undang-Undang nomor 32 tahun 2002 tentang Penyiaran.

Diingatkan pula oleh Yuliandre, Undang-Undang Penyiaran menyebutkan bahwa penyiaran diselenggarakan dengan tujuan memperkukuh integrasi nasional dan penyiaran diarahkan salah satunya untuk menjaga dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga:  Karni Ilyas Bantah ILC Lakukan Provokasi dan Pencemaran Nama Baik

Karenanya lembaga penyiaran tidak boleh menyampaikan muatan siaran yang mengarah pada adu domba, merusak integrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menangkan Panasonic Gobel Awards 2016

Meski demikian, dalam ajang Panasonic Gobel Award (PGA) ke-19, yang digelar di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat 14 Oktober 2016 kemarin, ILC berhasil menyabet penghargaan lewat kategori News Talk Show Terfavorit dan Presenter Talkshow Terfavorit yakni Karni Ilyas.

Indonesia Lawyers Club (ILC) berhasil mengalahkan empat program news talkshow: Apa Kabar Indonesia tvOne, Mata Najwa Metro TV, Meja Bundar tvOne, dan NSI Metro TV dalam kategori News Talk Show terfavorit.

Baca Juga:  Rocky Gerung: Saya di TV Diusir, ke Gunung Diomelin

Sedangkan Karni Ilyas berhasil mengalahkan Andy F Noya, Najwa Sihab, Ryan Thamrin, dan Sule dalam kategori Presenter Talkshow Terfavorit.