DKI Jakarta, Ekonomi dan Bisnis

Siapa Bilang Harga Daging Sapi di Singapura Lebih Murah dari Jakarta? Ini Bantahan PD Dharma untuk Sandiaga

PD Dharma Jaya
Direktur Utama PD Dharma Jaya Marina Ratna Dwi Kusuma

Jurnalindonesia.id – Direktur Utama PD Dharma Jaya Marina Ratna Dwi Kusuma menanggapi pernyataan bakal calon gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, yang mengatakan daging sapi Jakarta lebih mahal daripada di Singapura.

Menurut Marina, harga daging di Singapura tidak bisa dikatakan lebih murah daripada Jakarta.

“Menurut saya, itu membandingkannya tidak apple to apple,” ujar Marina ketika dihubungi, Rabu (12/10/2016).

Marina menuturkan, setiap daging memiliki grade (tingkatan) masing-masing, termasuk di Singapura. Harganya pun bervariasi tergantung grade daging yang dijual.

Untuk potongan daging sekunder, harga di Singapura mencapai Rp 110.000 hingga Rp 120.000. Sementara, PD Dharma Jaya mampu menjual seharga Rp 95.000 sampai Rp 98.000 untuk jenis daging yang sama.

Baca Juga:  Soal Kondisi Tanah Abang yang Makin Semrawut, Sandiaga: Ramai Itu Berkah

Di pasar-pasar Indonesia, biasanya daging yang dijual adalah jenis ini. Daging potongan sekunder biasa digunakan masyarakat untuk membuat rendang atau semur.

Marina mengatakan, jenis daging yang dijual lebih murah di Singapura bukanlah daging yang memiliki grade sama dengan Indonesia.

“Di singapura yang murah itu dari grade kerbau, daging india. Itu memang murah. Nah kita di sini kalau jenis itu juga murah yang baru diimpor sama Bulog,” ujar Marina.

Di Jakarta juga bisa menjual daging dengan harga murah yaitu Rp 85.000 per kilogram. Namun, itu merupakan daging jenis chemical lean (CL) yang biasa digunakan untuk membuat rawon, sop, dan soto.

Baca Juga:  Sandiaga Sebut Warga yang Tak Mampu Beli Rumah Dp Rp 0 Dibuatkan Rusunawa

Jika dibandingkan dengan grade yang sama, Marina mengatakan, harga daging di Indonesia dengan Singapura tidak akan berbeda jauh. Apalagi Indonesia dan Singapura sama-sama mengimpor daging salah satunya dari Australia.

Sebelumnya, Sandiaga sempat menyinggung sejumlah isu terkait kondisi Jakarta di bawah pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ketika menjadi pembicara dalam kuliah umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di Ciputat, Tangerang Selatan.

Salah satunya ialah isu mengenai harga daging sapi di Jakarta yang menurut dia lebih mahal daripada harga di Singapura.

df

Sandiaga saat menjadi pembicara dalam kuliah umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di Ciputat, Tangerang Selatan.

“Singapura yang tidak punya peternakan sapi, harga daging sapinya lebih murah daripada Jakarta. Konyol enggak tuh. Memang perlu gubernur yang lebih mengerti,” kata Sandiaga. (Baca selengkapnya di Harga Daging di Singapura Lebih Murah dari Jakarta, Sandiaga Sebut Ini Konyol)

Baca Juga:  Penjelasan Sandiaga soal Program DP Nol Rupiah Jadinya untuk Rusun