Ekonomi dan Bisnis

Ketika Netizen Sindir SBY Tidak Ikut Tax Amnesty

Cuitan Benny

Jurnalindonesia.id – Masih ingat akun @benny_israel di Twitter yang pernah menghebohkan netizens tanah air di era kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)? Lagi-lagi, akun anonim itu menyindir SBY.

Kali ini, sindiran @benny_israel terkait dengan momen tax amnesty atau pengampunan pajak. Pemilik akun di Twitter dengan 82 ribu followers itu mempertanyakan SBY dan keluarganya yang tidak ikut tax amnesty.

“Saran saya, seluruh keluarga Pak @SBYudhoyono yaitu Mas @AgusYudhoyono dan Mas iBas @Edhie_Baskoro ikut tax amnesty,” tulis @benny_israel, Minggu (2/10).

Karena tax amnesty tahap pertama sudah selesai pada 30 September, @benny_israel pun menyarankan SBY dan keluarganya ikut gelombang kedua yang berlangsung hingga 31 Desember 2016. @benny_israel dalam cuitannya lantas menyinggung pemberitaan The Jakarta Post yang pernah menurunkan laporan pajak SBY beserta dua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

Koran berbahasa Inggris itu pada 30 Januari 2013 menurunkan artikel berjudul First family tax returns raises flags. Merujuk surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak SBY tahun 2011 yang dilaporkan 2012, penghasilan tahunannya kala itu Rp 1,375 miliar plus pendapatan lainnya Rp 107 juta.

Dari jumlah itu, pajak penghasilan SBY sebesar Rp 378,2 juta. Sedangkan total asetnya adalah Rp 7,36 miliar termasuk tabungan dan deposito senilai Rp 4,9 miliar.

Sedangkan Agus pada 2011 memiliki penghasilan sebesar Rp 70,204 juta. Pajak penghasilan Agus kala sebagai anggota TNI adalah Rp 2,75 juta.

Hanya saja, suami Annisa Pohan itu punya aset sebesar Rp 1,643 miliar. Agus tercatat tidak memiliki rumah atau tanah, tapi ada empat rekening tabungan dan satu deposito. Salah satu rekening tabungan putra sulung SBY yang menjadi tentara itu bersisi Rp 953 juta.

Adapun Edhie Baskoro alias Ibas berdasarkan SPT 2011 punya penghasilan Rp 183 juta per tahun dari posisinya sebagai anggota DPR. Pajak penghasilannya sebesar Rp 20,07 juta.

Namun, aset Ibas hampir empat kali lipat dibandingkan Agus. Ibas memiliki tanah dan rumah di Cikeas, saham perusahaan di PT Yastra Capital, mobil Audi Q5, deposito Rp 1,5 miliar dan tabungan simpanan tunai Rp 1,5 miliar.

Total, aset kekayaan Ibas adalah Rp 6,011 miliar. Saat itu posisinya sudah sebagai anggota DPR.

Merujuk pada data itu, @benny_israel menyebut SPT SBY, Agus maupun Ibas tidak menggambarkan profil sebenarnya. Karenanya, lebih baik SBY dan keluarganya segera ikut tax amnesty.

Hal itu penting agar tidak muncul persoalan di kemudian hari. Terlebih, banyak pengusaha kakap dan konglomerat yang ikut tax amnesty.

Bahkan para perwira tinggi Polri dan TNI pun ikut tax amnesty. Karenanya, sebaiknya SBY mengesampingkan semua perbedaan politik demi kesuksesan tax amnesty yang digagas Presiden Joko Widodo.

“Kesampingkan dulu perbedaan pandangan politik Pak @SBYudhoyono saat ini. Krn ide TA Bapak Presiden @jokowi memang bagus dan terbukti sukses,” tulis @benny_israel. (JPNN)

 

Loading...