close

3 Pilihan Honda PCX, Mana Skuter Matic yang Jadi Andalan?

Guna tetap mampu menyaingi pasar motor berbodi besar alias gambot yang kini semakin diminati pecinta kendaraan roda dua di Indonesia, Honda hadir dengan tipe terbarunya, yaitu seri PCX. Sejak pertama kali dirilis untuk menyaingi pesatnya penjualan Yamaha NMax, Honda PCX bisa dikatakan berhasil menarik minat penikmat motor matic besar. Kini, ada tiga varian PCX yang dimiliki Honda, yaitu seri PCX 150, ESP, dan 150 Hybrid. Apa beda di antara ketiga versi tersebut?

Mesin yang Digunakan

Mari awali dari bagian mesinnya. Honda seri PCX 150 punya mesin dengan kapasitas sebesar 149,3 cc. Tenaga yang diberikan mencapai 10,8 kW dengan putaran 8.500 rpm. Mesin motor satu ini juga menggunakan tipe SOHC 4 langkah yang punya sistem pendingin cairan dengan mengusung teknologi enhanced smart power atau eSP memang dikenali memiliki peran penting untuk menjaga suhu mesin tetap dingin dan stabil.

Tak hanya itu, seri PCX 150 juga menggunakan transmisi otomatis berjenis V-Matic yang bisa memaksimalkan tenaga yang dihasilkan. Lalu, disematkan pula teknologi PGM-FI yang membuat konsumsi bensin tetap irit dengan angka rasio kompresi sebesar 10,6 banding 1. Lalu, bagaimana dengan dua tipe lainnya?

Honda PCX seri 150 Hybrid punya kapasitas mesin yang sama dengan tipe 150. Begitu pula dengan teknologi ESP dan GM-FI yang membantu membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien, sehingga Anda tidak perlu khawatir terjadi pemborosan bensin saat menggunakannya. Sementara untuk seri PCX ESP memiliki kapasitas mesin sebesar 153 cc dengan tenaga 9,9 kW dan putaran 8.500 rpm.

Lalu, untuk tenaga torsi maksimalnya, seri ESP mampu menghasilkan hingga sekitar 13,7 Nm dengan putaran sebesar 5.500 rpm. Tenaga yang dihasilkan ini selanjutnya akan dialirkan melewati sistem transmisi otomatis yang telah mengusung teknologi V-matic. Nah, dari masing-masing mesinnya, Anda pasti sudah tahu mana seri PCX yang memiliki kemampuan mesin terbaik.

Fitur yang Dimiliki

Selanjutnya, masuk ke bagian fitur yang dimiliki setiap serinya. Baik Honda PCX seri 150 maupun 150 Hybrid memiliki fitur rem yang canggih dengan teknologi ABS yang membantu mencegah ban mengalami selip sekaligus meminimalisir risiko Anda mengalami kecelakaan ketika harus melakukan pengereman secara tiba-tiba. Tak hanya itu, kedua seri ini juga telah dilengkapi dengan panel indikator digital dengan menggunakan layar LCD. Panel ini akan memberikan informasi lengkap tentang kendaraan tersebut.

Perbedaan antara seri 150 dan 150 Hybrid adalah adanya fitur riding mode dan smart key system. Mode berkendara atau riding mode sendiri bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Lalu, pada varian 150 Hybrid, sang produsen juga telah memberikan emblem Hybrid khusus yang fungsi untuk menonjolkan berbagai teknologi yang ada pada varian ini.

Sementara pada Honda PCX seri ESP, terdapat fitur berupa headlamp yang menggunakan lampu LED bertegangan 12V – 5,4W x 1 (Low) 9,6W x 1 (High) dan tambahan fitur lampu yang khusus digunakan saat senja dengan menggunakan bola lampu bertegangan 12V 5W x 2. Sementara untuk pengapiannya, seri ini mengusung busi bertipe NGX CPR7EA-9. Lalu, pada bagian indikator panelnya, seri ESP telah dilengkapi dengan instrumen kombinasi antara panel analog dan digital.

Tentunya, panel ini akan terlihat lebih informatif, canggih, dan modern dalam menampilkan informasi kendaraan sehingga lebih mudah dimengerti oleh pengendara. Anda akan diberikan informasi mengenai indikator lampu sein, kecepatan, bahan bakar, kondisi oli, lampu tembak, hingga jarak tempuh. Jadi, keunggulan seri ESP dibandingkan dengan dua seri PCX lainnya adalah performa mesin yang lebih bertenaga dan banyak teknologi canggih yang disematkan.

Tampilan Kendaraan

Soal tampilan, sebenarnya ketiga seri PCX dari Honda ini hadir dengan desain dinamis, mewah, dan elegan. Khusus untuk seri ESP, Anda bisa melihatnya dari bagian depan bodi yang telah memiliki headlamp dengan bentuk seperti huruf V yang semakin menambah kesan gagah. Sementara pada bagian sampingnya, bodinya dibuat melekuk dengan deck bawah lebih luas untuk pijakan kaki lebih nyaman saat berkendara.

Guna menambah kenyamanan di perjalanan, PCX ESP menggunakan jok dengan busa yang tebal dengan mengusung teknologi aerodinamis. Sementara pada bagian belakangnya, Honda memberikan tambahan berupa behel dengan bentuk yang mengikuti bodi dan stoplamp dengan ukuran besar. Tentunya, ini akan menambah kesan sporty pada motor PCX seri tersebut.

Tak jauh berbeda dengan tipe ESP, Honda PCX seri 150 membawa rancangan headlamp dengan bentuk seperti huruf U dan telah mengusung teknologi canggih LED. Varian ini hadir dengan penerangan yang lebih terang untuk memaksimalkan keamanan perjalanan Anda di malam hari. Belum lagi dengan fitur socket DC yang berada pada boks konsol bagian depan yang sangat berguna untuk mengisi daya ponsel.

Tak ketinggalan, adanya fitur seat stopper yang berguna untuk menahan jok tetap pada posisi tegak dan tidak menutup saat Anda dengan memasukkan atau mengeluarkan barang dari bagasi. Sementara pada bagian belakangnya, terdapat dual tail light dengan separate winker serta lampu sein yang terletak terpisah.

Lalu, untuk varian 150 Hybrid, tampilan luarnya tak punya banyak perbedaan dengan seri sebelumnya. Perbedaannya ada pada bagian headlamp dan stoplamp. Anda bisa melihatnya dengan tampilan yang menyuguhkan kesan elegan dan lebih sporty. Letak lampu seinnya berada di ujung sudut headlamp. Tak lupa dengan adanya pelindung tambahan yang dipasang di depan.

Sangat menarik, ya? Jadi, mana varian Honda PCX yang jadi incaran Anda? Apapun varian yang nantinya dipilih, pastikan Anda mengecek harga dan melakukan pembelian hanya di Blibli, ya! Banyak penawaran menarik, lho! Yuk, cek sekarang!

Tinggalkan komentar