DKI Jakarta, Nasional

Banjir di Balai Kota, Begini Penampakan Kantor Ahok yang Tergenang Air

Foto: Danu Damarjati/detikcom

Jurnalindonesia.id – Balai Kota Jakarta tergenang air selepas hujan lebat yang mengguyur Jakarta. Sebagian dari wilayah kantor Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini tergenang paling tinggi sebetis orang dewasa.

Air menggenangi Blok F, Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (19/9/2016) siang. Kondisi ini sudah terjadi sejak sekitar pukul 12.30 WIB.

“Pak, ini sudah sampai kulkas, ini kalau konslet bagaimana,” kata ibu-ibu PNS di Laboratorium Kesehatan kepada PNS lainnya. Dia menunjuk kulkas makanan yang bagian bawahnya sudah terkena air.

Baca: Jakarta Diguyur Hujan Deras, Kantor Ahok Kebanjiran

Baca Juga:  Ahok Bongkar Permainan Petugas Makam di Jakarta

Ruangan yang tergenang di blok ini adalah ruang laboratorium kesehatan, ruangan bagian protokol, toilet, sampai dapur gubernur DKI. Terlihat para pegawai mengevakuasi barang-barang menghindari air.

kantor ahok kebanjiran

Sebagian ruang di Gedung Balaikota DKI tergenang banjir. (Foto: Danu Damarjati/Detikcom)

Laboratorium sendiri tergenang setinggi sekitar 5 centimeter, beranjak surut seiring hujan reda. Di dalam sini, ada kulkas makanan, kulkas obat yang sudah dibikinkan panggung penyangga, dan alat pemeriksa kimia (dimension Xpand merek Siemens) yang sudah dibikinkan panggung, dan alat-alat laboratorium lainnya.

kantor ahok kebanjiran

Ruang laboratorium Balai Kota DKI (Danu Damarjati/detikcom)

Bagian klinik gigi punya posisi lantai lebih tinggi sehingga tidak ikut tergenang. Ruangan bagian protokol tergenang tak sampai mata kaki. Para PNS terlihat melinting celananya dan bersandal jepit.”Ini kita bikin penyangga seperti ini karena dulu sudah diberitahu bagian ini pernah banjir. Dulu ini ruangan Satpol PP,” kata pria PNS di situ.

Baca Juga:  Bandung Kembali Diterjang Banjir, Dua Mobil Hanyut

Bagian dapur gubernur juga tergenang sebetis. Di sisi lain, gudang berisi puluhan pak kertas juga tergenang air. Mereka mengevakuasi barang-barang ke lantai yang kering.

Ada pula Ruangan Tata Usaha Gubernur dan Biro Kerjasama Daerah dan Luar Negeri (KDH KLN) yang tergenang. Usut punya usut, saluran air yang semestinya berfungsi ternyata tertimbun material bongkaran proyek. Memang sedang ada proyek pembangunan di Blok A, sehingga bangunan di situ digempur dengan puing-puing yang jatuh ke saluran air.

kantor ahok kebanjiran

Beberapa ruang di Balai Kota DKI terendam banjir (Foto: Danu Damarjati/detikcom)

Dekat selokan, ada petugas yang sibuk membenahi mesin hidran agar terhindar dari gangguan.

Baca Juga:  Mengenal Wulan, Si Cantik Korban Banjir Pasuruan yang Hebohkan Netizen