Teknologi

Perlukah Startup Pindah Ke Collocation?

Collocation server

Collocation server

Jika Anda adalah founder dari sebuah startup maka Anda pasti setuju bahwa ketakutan adalah hal yang bisa membuat usaha Anda semakin maju. Ketakutan yang dimaksud adalah memikirkan segala kemungkinan yang bisa terjadi pada ide yang Anda bangun kemudian mulai menyusun langkah-langkah untuk mengantisipasi dalam segala kondisi. Namun satu hal yang kerap kali dilupakan adalah masalah server. Padahal kondisi dan kesejahteraan server harus diperhatikan demi lancarnya bisnis startup yang dijalankan dan demi kenyamanan dalam mengakses data informasi baik yang dilakukan oleh perusahaan maupun konsumen. Server memiliki peran penting dalam laju pertumbuhan sebuah startup, analoginya seperti manusia yang membutuhkan sumber energi yang baik agar bisa berlari.

Untuk menjamin kesejahteraan server yang tetap sehat, Anda membutuhkan fasilitas collocation sebagai lokasi data center Anda. Collocation adalah fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk menyewa atau bahkan membeli space untuk server di mana Anda bisa menggunakan fasilitas daya listrik dari collocation, akses internet yang cepat, dan juga jaringan koneksi yang lebih luas dan aman. Jadi kenapa perusahaan startup membutuhkan collocation?

Baca Juga:  Minggu Depan, Seluruh Konten Pornografi Bakal Lenyap di Mesin Pencari Internet

Menguntungkan untuk visi jangka panjang
Jika Anda sudah merencanakan pengembangan startup untuk 5 hingga 10 tahun ke depan, artinya Anda membutuhkan jaminan keamanan data yang memadai untuk menjamin rencana pengembangan Anda bisa berjalan dengan lancar. Dari segi biaya, menyewa space untuk server bagi perusahaan startup lebih efisien dibandingkan dengan membangun sendiri data center. Apalagi jika perkembangan startup Anda menuntut untuk memiliki kapasitas bandwidth yang lebih besar di mana untuk menambah kapasitas bandwidth membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Collocation bisa memberikan Anda kapasitas bandwidth unlimited untuk menjamin kelancaran akses data.

Baca Juga:  Hacker di Situs ICMI: Improve Your Security First, baru Ngomongin Blokir Google

Menghindari downtime server

Seiring dengan berkembangnya startup Anda maka dibutuhkan server yang memiliki spesifikasi lebih tinggi untuk menampung seliweran data yang semakin besar. Server yang tidak mampu menampung banyaknya data yang masuk akan mengalami down yang bisa berakibat crashing pada situs online Anda. Situs yang sering mengalami down tentu akan mengurangi nilai Anda di mata konsumen dan juga klien. Maka dari itu perlu beralih ke collocation karena kebanyakan collocation dibangun dengan spesifikasi yang tinggi dengan waktu rata-rata downtime per tahun yang sangat rendah.

Baca Juga:  Perkenalkan Luzio Poerbonegoro, Sopir Uber Berpenghasilan Rp 100 Juta Per Bulan

Lebih aman dari serangan hacker

Dengan banyaknya urusan yang mesti diselesaikan untuk mengembangkan startup Anda, urusan bahaya hacker mungkin tidak menjadi prioritas Anda dalam menjaga keamanan data. Padahal sudah banyak kasusnya para hacker mengambil data dari perusahaan yang sedang naik daun untuk menyebarkan informasi yang seharusnya bersifat rahasia. Fasilitas colocation server memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena memang sudah tugasnya untuk melindungi keamanan server data dari sekian banyak perusahaan yang menggunakan fasilitas tersebut.