Mancanegara

Bunda Teresa Resmi Didaulat sebagai Wanita Kudus (Santa) oleh Vatikan

Bunda Teresa
Bunda Teresa

Hari ini, 4 September 2016, bertepatan dengan 19 tahun peringatan kematiannya, Bunda Teresa resmi didaulat menjadi seorang Santa oleh Vatikan. Santa adalah sebutan untuk orang suci wanita, sedangkan Santo untuk rohaniwan pria.

Penobatan menjadi orang suci dilaksanakan oleh Paus Fransiskus di St. Peter’s Square di Vatikan City.

Diberitakan CNN, Minggu (4/9), sejumalah uskup dari Albania, tempat di mana Bunda Teresa lahir pada 1910, dan India berkumpul, juga dengan para kepala negara.

Baca Juga:  Seorang Pria Coba Bakar Diri di Samping Ka'bah

Jumlah massa sendiri diperkirakan mencapai 300 ribu hadirin, seperti pada Beatifikasi, tahap pertama proses untuk menjadikan seseorang yang telah mati menjadi orang suci dalam Gereja Katolik, dilakukan Paus John Paul II di Roma pada 2003.

Bunda Teresa adalah pendiri Missionaries Cinta Kasih, sebuah gerakan keagamaan yang berdedikasi merawat orang miskin dunia pada 1950 di Kalkutta, India.

Baca Juga:  Terdesak Serangan Irak, 500 WNI Pendukung ISIS Akan Pulang Kampung

Dia memenangkan Penghargaan Nobel Perdamaian pda 1979 dan menunjukkan keajaibannya pada tahun 1998 ketika pemberitaan melaporkan seorang wanita India terus berdoa padanya dan akhirnya berhasil sembuh dari tumor di perut.

Keajaiban selanjutnya diakui oleh Paus Fransiskus adalah seorang pria Brazil dengan penyakit infeksi otak dan ginjal, yang juga terus berdoa kepada Bunda Teresa untuk kesembuhan. Dengan syarat kualifikasi dua keajaiban itu lah, gereja katolik mendaulatnya menjadi Santa.

Baca Juga:  Buntut Pidato 'Indonesia Bubar 2030', Penulis Novel 'Ghost Fleet' Unggah Foto Prabowo dan Tuliskan Ini