Ekonomi dan Bisnis, Mancanegara

Bos Alibaba Jadi Penasihat “E-commerce” Indonesia

jokowi dan jack ma alibaba
Presiden Jokowi bersama CEO Alibaba, Jack Ma di kantor Alibaba di China, Jumat (2/9/2016).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengundang Jack Ma, pendiri sekaligus CEO e-commerce terbesar di China, Alibaba Group, untuk menjadi penasihat pembangunan industri e-commerce di Indonesia.

“Saya mengusulkan kepada Jack Ma untuk menjadi advisor dari Steering Committee implementasi petajalan (roadmap) e-commerce Indonesia,” terang Rudiantara dalam pesan tertulisnya kepada KompasTekno, Minggu (4/9/2016) siang.

“Saya juga sedang mengusahakan tokoh internasional lain yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas untuk juga menjadi advisor Steering Committee. Yang lainnya, yang relevan dengan Digital Economy,” imbuhnya.

Baca Juga:  Ingin Pinjam Uang Tapi Takut Riba? Ini Dia Solusinya!

Jack Ma pun menanggapi positif ajakan tersebut. Kesediaan Ma menjadi salah satu penasihat pembangunan petajalan e-commerce Indonesia diumumkan melalui kicauan di akun Twitter resmi Alibaba Group.

“Dalam kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke markas Alibaba hari ini (2 September 2016), Ma menerima tawaran untuk menjadi penasihat ekonomi pemerintah Indonesia,” kicau akun tersebut.

Sebelumnya, Presiden beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah menteri melakukan kunjungan kerja ke China. Di Negeri Tirai Bambu itu rombongan menyempatkan diri mengunjungi markas Alibaba Group.

Baca Juga:  34 Proyek Pembangkit Listrik Era SBY Mangkrak, Jokowi Ancam Lapor KPK

Menteri-menteri lain yang turut mendampingi antara lain Menkominfo Rudiantara; Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto; Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita; Kepala BKPM, Thomas Trikasih Lembong; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung dan Dubes RI untuk China, Sugeng Rahardjo.

Roadmap e-commerce Indonesia diumumkan sejak awal 2016 lalu. Di dalamnya memuat tujuh poin mengenai upaya pengembangan ekonomi digital, yaitu persoalan logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, pajak, pendidikan dan keamanan cyber.

Selanjutnya, pemerintah bekerja sama dengan berbadai pihak untuk membentuk sebuah Steering Committee. Nantinya, Steering Committee inilah yang akan membangun roadmap tersebut.

Baca Juga:  Jokowi Tetap akan ke Afghanistan Meski Ada Serangan Bom di Kabul