Kriminal

Jawaban “Mbulet” Kompolnas soal Foto Polisi Kongkow bareng Bos Sawit

foto kongk polisi

foto kongk polisi

JurnalIndonesia.id – Kompolnas ikut menanggapi soal beredarnya foto sejumlah perwira menengah polisi bersama petinggi perusahaan sawit. Menurut salah satu anggota Kompolnas Irjen Pol (P) Bekto Suprapto, foto tersebut mengandung banyak makna.

Oleh karena itu ia menghimbau agar masyarakat melihatnya dari konteks foto. Misalnya saja dalam rangka apa foto itu diambil.

“Satu buah foto itu bisa menimbulkan seribu makna. Yang kedua harus dapat dilihat konteks mereka itu berfoto,” kata Bekto Suprapto saat dihubungi detikcom, Jumat (2/9/2016) sekitar pukul 23.00 WIB.

“Konteksnya apa, kapan, dalam rangka apa. Kan bisa saja kayak kamu ketemu misalkan sama Kapolri terus foto bareng,” lanjutnya.

Irjen Pol (P) Bekto Suprapto

Irjen Pol (P) Bekto Suprapto

Bekto Suprapto juga menekankan bila tidak terkait dengan suatu pidana, foto tersebut tidak masalah. “Saya banyak sekali foto bersama dengan teroris. Apa saya teroris? Bahkan dengan orang Al Qaeda. Jadi harus dilihat konteksnya,” ucap mantan Kapolda Sulawesi Utara ini.

Sekali lagi ia menekankan bila sekedar berfoto itu tidak jadi masalah. Yang tidak diperbolehkan perwira polisi sebenarnya bukan itu.

“Bagi perwira polisi yang tak boleh itu KKN, menjadi beking kasus. Kalau hanya foto bagi saya tak ada masalah,” tutur Bekto Suprapto.

Beredar viral foto perwira polisi kongkow bareng pengusaha sawit di Riau. Foto ini menyebar di media sosial. (Baca: Heboh! Foto Para Petinggi Polri Riau “Kongkow” Bareng Bos Perusahaan Pembakar Lahan yang di-SP3-kan)

Tentu saja soal ini membuat heboh, apalagi perusahaan sawit itu pernah ditangani Polda Riau. Namun Pihak Polda menyebut, pertemuan dengan pengusaha itu tidak terkait kasus kebakaran lahan. (Baca: Terkait Foto ‘Kongkow’ Polisi dan Bos Pembakar Lahan, Polda Riau: Kami tidak Tahu Kalau Itu Bos PT APSL)

Dalam foto yang beredar di wartawan di sana terlihat Kombes Rivai Sinambela sebagai Dir Reskrimsus Polda Riau. Ada lagi Dir Reskrimum Polda Riau, Kombes Surawan, Kapolresta Pekanbaru, Kombes Toni Hermawan, dan Kombes Hendra dari Paminal Div Prompam Mabes Polri. Dalam foto itu, ada bos dari PT Andika Pratama Sawit Lestari (APSL) perusahaan perkebunan sawit.

 

Loading...