PNS
Ilustrasi PNS

JurnalIndonesia.id, Bandung – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, mengungkapkan saat ini dari keseluruhan jumlah PNS yang terdaftar, hanya 40 persen PNS yang memiliki keahlian khusus.

“Sisanya 60 persen PNS hanya memiki kemampuan dalam hal administrasi,” ujar Asman di Hotel Trans Luxury, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (2/9/2016).

Sebagaimana diketahui, Kementerian PAN dan RB tengah gencar memikirkan kualitas PNS. Asman berencana memperbaiki dan meningkatkan kualitas PNS yang minim keahlian tersebut. (Baca: PNS Bodong, Paling Banyak Ditemukan di Kementerian Agama)

“Yang 60 persen ini mau diapakan? Makanya kami mau merancang tim,” beber dia.

Tim ini merupakan lembaga pendidikan di bawah Kementerian PAN dan RB. Ia akan mengubah lembaga pendidikan tersebut menjadi lembaga keahlian yang dibutuhkan pemerintah.

“Jadi 60 persen yang datang ke kantor gara-gara absen itu nanti tidak ada lagi,” kata Asman. “Itu yang menjadi program kami sekarang.”

Pemerintah sangat membutuhkan PNS inovatif terutama yang bisa menciptakan pekerjaan untuk dirinya sendiri dan anak buahnya. Negara akan maju jika aparatur negaranya memiliki kemampuan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *