Nasional

Sri Mulyani: Setiap Dengar Lagu Indonesia Raya, Bulu Kuduk Saya Berdiri

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berpose sebelum mengikuti pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/7). Presiden Joko Widodo melakukan perombakan terhadap 12 menteri dan satu kepala badan dalam Kabinet Kerja. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/pd/16.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku bulu kuduknya berdiri setiap mendengar lagu Indonesia Raya. Menurutnya, setiap kalimat dalam lagu tersebut memiliki makna mendalam.

“Waktu saya berada di luar negeri, setiap menyanyikan lagu Indonesia Raya, saya merasakan betapa merinding di belakang leher. Kalimat demi kalimat lagu Indonesia Raya itu memiliki makna yang sangat luar biasa,” kata Menkeu Sri Mulyani di Universitas Indonesia, Depok, Kamis (1/9).

Baca Juga:  PKS Protes Pernyataan Sri Mulyani yang Bandingkan Utang RI dengan Jepang

Baca: Sri Mulyani, Rela Tinggalkan Jabatan Prestisius dan Gaji Sebanyak Ini di Bank Dunia

Bahkan, disela-sela sambutannya, Menkeu Sri Mulyani menyanyikan sebagian bait dengan suara yang bergetar ‘Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya untuk Indonesia Raya.’

“Saat menyanyikan tadi saja saya merinding. Itu bukan kata-kata yang tidak ada arti, justru artinya dalam sekali. Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya itu mengartikan bahwa kita perlu berorganisasi, mengurus, memberi dana, dan bagaimana mengelola hubungan yang bisa menimbulkan saling percaya antara negara dengan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:  FUIB Anggap Tak Ada Masalah dengan Ucapan Rocky Gerung Soal Kitab Suci

Menurutnya, rasa nasionalisme ini harus terus dipelihara dalam diri masyarakat Indonesia. “Disinilah negara yang punya kehidupan harapan impian. Di sini yang disebut bumi tanah air Indonesia. Kalau Anda sudah ada perasaan itu, rasa itu malah makin kuat, semakin anda di luar anda semakin merindukan.”