Nasional

DPR Kritik Pemerintah Terkait Tidak adanya Antisipasi soal Kebakaran Hutan

kebakaran hutan

Jurnalindonesia.id – Anggota Komisi IV DPR, Effendi Sianipar, mengungkapkan bahwa pemerintah belum membuat langkah-langkah antisipasi menghadapi ancaman kebakaran hutan padahal kejadian itu termasuk rutin terjadi. Kebakaran hutan disebabkan faktor alam dan faktor manusia.

“Jika saat ini kembali terjadi kebakaran hutan dan lahan, berarti pemerintah belum siap, mestinya sudah siap-siap,”kata Sianipar, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis.

Dua tahun lalu, ada wacana membeli pesawat amfibi untuk memadamkan hutan lewat udara dan hingga kini wacana itu tidak jelas ujung-pangkalnya.

Baca: Asap Kebakaran Hutan Sudah sampai Singapura, Ini Tanggapan Enteng JK

Lebih lanjut dia menegaskan Riau sebagai area rawan kebakaran karena daerah gambut tentu sudah harus ada solusinya. Pemerintah daerah dan pemerintah pusat bersama masyarakat sudah harus punya jurus untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di Riau.

“Kalau faktor alam maka harus ada ramuan yang tepat cara mengatasi,” kata politisi senior PDI Perjuangan ini seraya menyatakan, banyak pakar yang bisa diminta ilmunya membuat ramuan tersebut.

Sianipar menegaskan, dalam persoalan ini pengawasan harus betul-betul dijalankan sampai penegakan hukumnya sesuai UU yang ada. “Pemerintah harus siap-siap, harus diantisipasi penanggulangan kebakaran lebih dini dan siap menanggulanginya,”kata anggota DPR dari daerah pemilihan Riau ini.

“Jangan setelah kebakaran semua kocar kacir. Kementerian Ibu Siti Nurbaya seharusnya sudah bisa membuat antisipasi,” katanya.

 

Loading...