Nasional

Berita Duka: Sulistina Sutomo, Istri Pahlawan Bung Tomo Meninggal Dunia

Istri bung tomo meninggal
Istri dari Pahlawan Nasional Bung Tomo, Sulistina Sutomo bersama anaknya Bambang Sulistomo saat ditemui tim Tribunnews di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Sulistina Sutomo, istri mendiang Pahlawan Nasional Bung Tomo, dikabarkan meninggal dunia dalam usia 91 tahun, Rabu (31/8/2016) dini hari.

Sulistina mengembuskan napas terakhir setelah beberapa hari dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Bambang Sulistomo, salah satu putra Bung Tomo, mengatakan bahwa ibunya sudah lama menderita radang paru-paru.

“Kata dokter, sempat kemasukan makanan, tapi sudah dibersihkan,” kata Bambang ketika dikonfirmasi, Rabu pagi.

Almarhumah meninggal dunia pada pukul 01.42 WIB dini hari tadi. Dari RSPAD Jakarta, Sulistina akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Haji Muhasyim Buntu 45, Tarogong, Cilandak Barat, Jakarta.

istri bung tomo meninggal

Foto: Rumah Duka Sulistina Utomo/Arief Ikhsanudin

“Siang nanti baru akan dibawa ke Surabaya melalui BandaraHalim Perdanakusuma,” kata Bambang.

Sampai di Surabaya, jenazah Sulistina akan dishalatkan di Masjid Agung Al-Akbar Surabaya. Jenazahnya akan dimakamkan di sisi makam Bung Tomo di Tempat Pemakaman Umum Jalan Ngagel Surabaya.

“Kami atas nama keluarga memohon maaf kepada masyarakat jika ibu punya salah,” ujar Bambang.

Pemkot Surabaya Bantu Siapkan Prosesi Pemakaman

Sementra itu Pemerintah Kota Surabaya siapkan penjemputan jenazah Sulistina Sutomo dari Bandara Juanda ke Masjid Agung Surabaya hingga seluruh prosesi pemakaman di TPU Ngagel dan mobil patroli pengawal dari kepolisian.

“Seluruh prosesi pemakaman termasuk penjemputan jenazah dan mobil untuk keluarga sudah kita siapkan,” kata Kabag Humas Pemkot Surabaya, M Fikser pada detikcom, Rabu (31/8/2018).

istri bung tomo meninggal

Rumah duka di Jakarta

Namun kata Fikser, seluruh persiapan yang dilakukan Pemkot Surabaya diserahkan sepenuhnya pada pihak keluarga. “Seluruhnya sudah kita siapkan dan sudah berkoordinasi dengan keluarga,” imbuhnya.

Untuk penggalian makam, mantan Camat Sukolilo ini mengaku sudah dilakukan pihak Dinas Kebersihan dan Pertamanan di TPU Ngagel.

Istri Bung Tomo, Sulistina Sutomo (91) meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto pukul 01.42 Wib, Rabu (31/8) dinihari akibat infeksi paru paru. Alrmarhumah meninggalkan empat orang anak, tujuh cucu dan lima cicit ini dan sempat menjalani perawatan 2 pekan.

Baca juga: Rumah Tempat Bung Tomo Siaran Radio Kemerdekaan Dirobohkan, Pemkot Mengaku Tidak Tahu

 

Loading...