Nasional

Asap Kebakaran Hutan Sudah sampai Singapura, Ini Tanggapan Enteng JK

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan pidato saat menghadiri peringatan Hari Konstitusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/8). Sejumlah kegiatan diselenggarakan MPR dalam rangka peringatan Hari Konstitusi. (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/kye/15.)

JurnalIndonesia.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan bahwa asap kebakaran hutan di Riau yang dikabarkan sudah mencapai Singapura adalah hal yang wajar karena sangat dipengaruhi cuaca.

JK pun menyatakan terserah saja jika Pemerintah Singapura mau protes terkait hal ini, karena asap kebakaram hutan di Indonesia bukan kali ini saja terjadi.

“Ya selama kebakaran banyak dan kemudian ada angin ke utara begitu, ya pasti sampai Singapura. Kan tidak ada yang mau sampai Singapura, cuma kita tidak bisa kontrol angin kan. Bagaimana caranya kontrol angin?” kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (26/8/2016).

“Ya terserah saja. Dia mau protes siapa? Mau protes angin?” imbuh JK. Ia menuturkan, pemerintah sudah melakukan upaya maksimal dalam penanganan kebakaran hutan yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Hal ini ditunjukkan dengan Operasi Siaga Darurat yang menerjunkan banyak aparat dan armada untuk mendeteksi serta memadamkan api.

“Sudah di situ banyak helikopter, pesawat, ada orang. Semua upaya maksimum sudah dilakukan pemerintah Indonesia,” ucap JK.

Sebagaimana diketahui, analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hari ini menunjukkan bahwa asap kebakaran hutan serta lahan di Riau terbawa angin ke arah timur-tenggara-timur laut hingga mencapai Singapura.

 

Loading...