Nasional

Heboh Tuyul di Bandung, Warga Tempel Selebaran Peringatan

Tuyul

JurnalIndonesia.id – Kampung geger karena ada kawanan pencuri yang berkeliaran mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana kalau geger tersebut dikarenakan munculnya makhluk halus tuyul?

Heboh tuyul tersebut terjadi di Kampung Ciseupan RW13, Kelurahan Pasirjati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung. Kehadiran tuyul itu sampai warga menempelkan selebaran kertas putih di dinding gapura dan sejumlah rumah warga. Selembaran kertas putih itu bertuliskan ‘waspada tuyul berkeliaran’.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, Rabu (10/8/2016), selebaran peringatan tersebut sudah ada sejak kemarin.

“Iya itu (selembaran) warga yang nempelin kemarin,” kata ketua RT01/RW13, Kusnandar (43) kepada detikcom di kediamannya.

Menurut Kusnandar, inisiatif warga itu muncul setelah rentetan peristiwa kehilangan uang yang dialami sejumlah warga dalam kurun satu tahun terakhir. Warga yang kerap kehilang uang dengan jumlah nominal Rp 100 ribu tersebut menduga ulah tersebut dilakukan oleh tuyul.

Ia mengatakan penempelan selebaran-selebaran itu sudah melalui izin aparat kewilayahan seperti RT dan RW. Mengingat tujuannya hanya untuk mengingatkan warga lainnya untuk lebih menjaga harta bendanya.

Tuyul di Bandung

“Ini kan tujuannya baik, agar warga waspada saja. Ini kan cuma prasangka warga aja, soalnya belum pernah ada yang liat juga. Sebenarnya udah lama kehilangan-kehilangan ini, tapi dua minggu lalu ada yang ilang lagi,” ujar dia.

Polisi Himbau Jangan Panik

Kehebohan akan adanya tuyul tersebut menjadi perhatian polisi. Masyarakat diimbau tetap tenang jangan panik.

“Warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh adanya isu tersebut (Tuyul), karena harus dipastikan dulu apakah itu betul atau tidak, jadi tetap tenang lah,” imbau Kasubag Humas Polrestabes Bandung, Kompol Reny Marthaliana saat dihubungi detikcom, Rabu (10/8/2016).

Reny melanjutkan saat ini, pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap Bhabinkamtibmas setempat untuk mengecek situasi dan kondisi di lokasi yang katanya ada tuyul sedang berkeliaran.

“Tadi sudah memerintahkan Bhabinkamtibmas di sana untuk mengecek lokasi, dan sekarang masih nunggu hasil laporannya, tunggu dulu yah,” kata dia.

Loading...