Nasional

Polisi Pasang Bendera Saja Terbalik, Gimana Ini?

bendera terbalik di kantor polisi
Netizen mengunggah foto bendera terbalik yang ada di halaman Kantor Polisi di Sidoarjo Jawa Timur, Kamis (4/8/2016)

JurnalIndonesia.id – Foto bendera terbalik di kantor Polsek Taman Sidoarjo Jawa Timur menjadi viral di media sosial Facebook, Sabtu (6/8/2016).

Foto itu diposting oleh akun Facebook Titing Beken, Kamis (4/8/2016) pukul 9.23.

Dua hari berselang sudah beredar secara massif hingga 880 kali dibagikan di Facebook. Netizen yang melihat foto tersebut berkomentar mulai kritik hingga bercanda atas insiden bendera terbalik.

bendera terbalik di kantor polisi sidoarjo

Kapolsek Taman Kompol Sujud sudah memberi klarifikasi saat dihubungi radio dan media online lokal. Menurut Sujud, dia tak melihat posisi bendera yang difoto dalam keadaan terbalik itu.

Saat itu, menurut Sujud, dia tengah bertugas di luar kantor memantau aksi unjuk rasa di dua lokasi yang berbeda.

Saat kembali ke kantor, Sujud tak melihat keanehan di bendera yang terpasang di tiang persisi di halaman kantor Polsek Taman.

Menurut Sujud, kalaupun sempat terjadi kekeliruan, dia yakin bukan kesengajaan.

Baca juga: Ampun Biyung…Polisi Bentrok dengan Satpol PP, Satu Orang Tewas!

Bendera Terbalik di Mapolsek Siantar Marihat

November tahun lalu, persitiwa nyaris sama terjadi di Mapolsek Siantar Marihat, Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Warga yang tinggal di sekitar mapolsek mendapati pemandangan tak lazim halaman kantor polisi itu. Warga terkejut sekaligus tertawa karena melihat bendera Merah Putih dikibarkan dengan posisi terbalik, Senin 16 November 2015.

bendera terbalik

Bendera Merah Putih sempat berkibar dengan posisi terbalik di Mapolsek Siantar Marihat, Pematangsiatar, Sumatera Utara, Senin (16/11/2015). (Foto: Tribun Medan/Royandi Hutasoit)

Terbalik dimaksud yakni saat dikibarkan posisi warna berada di atas dan merah di bawah. Karena bendera dipandang sebagai lambang negara yang sakral, maka kekeliruan semacam ini dianggap aneh oleh warga.

Seorang pria bertubuh jangkung yang berada di sekitar Mapolsek menuturkan, bendera terbalik itu sudah berkibar cukup lama. “Pagi tadi, waktu saya sudah begitu posisinya. Awalnya sepintas saja, tapi saya merasa aneh dan lihat lagi. Waktu saya lihat lagi, saya sadar dan lihat bahwa bendera itu terbalik,” kata pria jangkung yang minta namanya tidak disebutkan itu.

Ia menuturkan langsung mengabadikan foto tersebut dengan kamera telepon selulernya.

“Kufotolah, kukasih tahu sama teman-teman. Kalau enggak salah sekitar jam 7 pagi tadi aku lewat situ,” ujarnya.
Kapolsek Siantar Marihat AKP Ruslan ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa itu. Dia mengatakan, peristiwa itu disebabkan kelalaian anggotanya.

“Karena ngantuk mungkin, tidak dilihatnya saat menaikkan bendera. Jadi yang putih yang di atas. Seharusnya kan enggak demikian,” kata AKP Ruslan.

Setelah mengetahui kejadian tersebut, ia menuturkan langsung memerintahkan anggotanya memperbaiki. “Langsung diperbaiki kok tadi,” katanya.

Saat disambangi Tribun Medan (Tribunnews.com Network) bendera tersebut sudah terpasang dengan baik.

 

Loading...